Lihat ke Halaman Asli

Kalian Mudik Lewat Jalur Pantura, 4 Kuliner Ini Wajib Kalian Cicipi!

Diperbarui: 26 Agustus 2016   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tidak terasa lebaran tinggal 1 Minggu lagi, kira-kira teman-teman Johanes Chandra Ekajaya mau mudik kemana ni atau ada yang netap aja di Jakarta? Nah, kali ini Johanes Chandra Ekajaya, akan sedikit bercerita tentang pengalam mudik Johanes Chandra Ekajaya. Kepada teman-teman sekalian, jika kalian semua mudik dan melewati Pantura pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa ciri khas tempat tersebut.

Ya, Pantura merupakan jalur yang sering dijadikan jalur utama untuk para pemudik, selain itu pantura juga menjadi jalan satu-satunya untuk orang bermudik. Tapi jika kalian perhatikan jalur tersebut tedapat tempat makan atau tempat pemberentian yang sedikit membuat kalian penasaran. Sama halnya seperti Johanes Chandra Ekajaya, yang juga sedikit dengan kuliner apa saja yang ada di Pantura tersebut. Nah, Berikut informasi kuliner yang Johanes Chandra Ekajaya ketahui yang berada di daerah Pantura.

1. Soto Gempol dan soto Tangkar

Jika kita dengan namanya saja mungkin teman-teman Johanes Chandra Ekajaya, sudah sangat penasaran soto apakah itu? Jika klian mudik melewati jalur Pantura, rasanya tempat makan yang satu ini jangan dilewatkan karna. Soto Gempol dan Soto Tangkar ini berbeda dari soto pad umumnya. Kenapa?

Jika soto pada umumnya menggunakan Santan untuk tambahan di kuat soto tersebut, Namun berbeda dengan Soto Gempol dan Soto Tangkar ini yang menyuguhkan kuah dengan Santan tanpa susu yang menjadi ciri khas Soto Gempol dan Soto Tangkar ini. Selain itu juga soto Gempol dan Soto Tangkar ini mempunyai varian isi yang cukup berbeda dari soto pada umumnya loh guys.

Soto Tangkar ini memiliki beberapa varian isi seperti Kikil ataupun kaki Sapi. Tidak hanya itu Soto tangkar ini juga bisa disikan varian seperti Otak, Otot dan Sumsum. Sedangkan untuk varian isi pada soto Gempol sendiri berisi seperti ayam, daging, babat, dan usus dan juga jika kalin ingin mencampurnya menjadi satu juga bisa loh  guys. Tempat makan soto Gempol dan Soto Tangkar ini berlokasi di, jalan Dewi Sartika deket dengan Hotel Dewi. Wajib dicoba ni guys.

2. Nasi Jamblang

Salah satu kuliner yang dikenal dengan nasi yang mirip dengan Nasi kuning ini memang dikenal dengan masakan yang sangat tradisional banget. Dengan suguhan yang dipakai daun jati, dan satu nasi yang dilengkapi dengan beberapa varian isi. Seperti sambal goreng, semur tahu, kulit, ikan asing, jamblang roti, dadal telur, perkedel kopong dan terik daging atau ati yang begitu yummy. Selain ini tempat makan nasi Jamblang ini buka 24 jam loh guys.

3. Sate Kambing Batibul

Kalian ingin bermudik ketegal? Pastinya sudah tidak asing dengan warung yang menjual berbagai varian sate apa lagi yang sangat terkenal yakni Sate kambing Batibul. Jika klian mampir ketempat makan tersebut cobalah untuk memesan menu Pecak ikan Pihi, kenapa? Selain memiliki rasa yang enak dan rasa yang gurih, suguhannya juga sangat sederhana dan tradisonal sekali.

Selain itu makan tersebut juga disuguhkan berbagai varian seperti sayur asam dan lalapan tauge. Selain ini minuman yang disuguhkan juga begitu unik yakni dengan memakai tek poci. Terdengarnya saja sudah bikin ngiler ya guys.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline