Lihat ke Halaman Asli

Bersama Mengenal Apa Itu Media Baru (New Media)

Diperbarui: 5 September 2022   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik.com

Istilah Media baru (new media) merupakan media yang digunakan dalam menggambarkan konten-konten dengan menggunakan berbagai bentuk komunikasi elektronik yang dimungkinkan melalui teknologi komputer. Secara umum, pengertian media baru dapat kita pahami sebagai sebuah penggambaran konten yang tersedia sesuai permintaan melalui internet. 

Media baru juga memiliki beberapa karakteristik diantaranya seperti bersifat digital, memiliki interaktivitas, bisa menggunakan hypertext, jaringannya yang sudah mencakup global, dan bisa menyuguhkan gambar realitas secara virtual, dsb.

Sebelum kita masuk lebih dalam tentang penjelasan media baru. Kita juga harus tahu pengertian dari media baru terlebih dahulu?

Pengertian Media Baru (New Media)

Media baru adalah media yang saling terhubung satu dengan yang lain. Integrasi media hadir sebagai bentuk dukungan teknologi internet. Melalui internet, media baru dapat memiliki interkonektivitas dengan media-media yang lain. Intinya, media baru merupakan bentuk-bentuk media yang berhubungan dengan komputer, komputasi, dan bergantung pada komputer untuk redistribusi (Widodo, 2020, h.13).

Beberapa contoh media baru yang sering kita jumpai seperti telepon, situs game, human-computer interface, animasi komputer, dunia virtual, instalasi komputer interaktif, dan komputer (Manovich, 2003 dalam Widodo, 2020).

Pertentangan media baru dengan media lama sudah sering terjadi, seperti televisi, radio, dan media cetak. Media baru tidak bisa termasuk program televisi (analog), film, majalah, buku, kecuali media tersebut mengandung teknologi yang memungkinkan proses interaktif (Manovich, 2003 dalam Widodo, 2020).

Konsep Media Baru

Konsep media baru dibuat untuk sesuatu yang baru, seperti tren terkini dan era baru.

  • Seperti memiliki mengandung hiburan dan pola konsumsi media seperti game pada komputer, efek-efek khusus pada film.
  • Menawarkan kemungkinan representasional mengenai pengalaman baru secara virtual dengan layar berbasis multimedia interaktif.
  • Penggunaan dan penerimaan gambar dan media komunikasi yang digunakan sehari-hari.
  • Pergeseran dari pengalaman pribadi dan sosial dari waktu, ruang dan tempat.
  • Memiliki tantangan untuk menerima perbedaan antara manusia dan artifisial, alam dan teknologi, tubuh dan penunjang teknologi, yang nyata dan virtual.
  • Menyusun kembali dan integrasi dalam budaya media, industi, ekonomi, akses kepemilikan, kontrol dan regulasi.

Karakteristik Media Baru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline