Lihat ke Halaman Asli

Lewat Cerita

Content Creator

Profil HRTA, Perusahaan Emas yang Jarang Dilirik

Diperbarui: 30 November 2023   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presentasi perusahaan PT Hartadinata Abadi Tbk Agustus 2023 (Sumber: PT Hartadinata Abadi Tbk)

Di tengah ketidakpastian ekonomi seperti akhir-akhir ini, emas sering kali menjadi pilihan berinvestasi untuk menjaga nilai uang dan aset yang kita miliki. Emas dianggap sebagai "saving heaven" karena memiliki nilai yang cenderung stabil diberbagai kondisi perekonomian.

Menurut data dari gold.org, total gold demand pada kuartal 2 tahun 2023 meningkat 7% bila dibandingkan kuartal 2 tahun 2022 menjadi 1.255,2 ton emas. Tak heran jika permintaan emas mengalami peningkatan di tengah kondisi ketidakpastian. Hal ini juga menyebabkan harga emas per november 2023 meningkat sebesar 11,11% menjadi 1.994 USD/Troy Ons secara year-on-year.

Selain menguntungkan pemilik emas, peningkatan harga dan permintaan emas juga menguntungkan perusahaan yang bergerak di industri emas. Jika Anda seorang investor, pasti Anda pernah mendengar PT ANTAM Tbk. Namun, apakah Anda sudah pernah mendengar salah satu partner PT ANTAM Tbk dalam penjualan emas, yaitu PT Hartadinata Abadi Tbk?

Keunggulan Konsep Bisnis yang Terintegrasi

            Pengalaman selama lebih dari 26 tahun telah membuat PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) menjadi pemeran utama dalam industri dan penjualan emas di Indonesia. Konsep bisnis yang terintegrasi menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki HRTA.

            Fase bisnis pertama yang dimiliki HRTA adalah produksi perhiasan dan serta pabrik pemurnian emas berkapasitas 10 ton per tahun. Setelah menjadi barang jadi, produk emas HRTA akan didistribusikan kepada konsumen, baik melalui grosir, waralaba, maupun toko ritel milik perusahaan. Untuk mengikuti perkembangan zaman, HRTA juga memiliki emas digital melalui anak usahanya, yakni PT Aurum Digital Internusa. Selain itu, HRTA juga memiliki 5 pegadaian emas dengan 86 kantor cabang yang menambah integrasi konsep bisnis perusahaan hingga ke sektor keuangan.

            Konsep bisnis yang terintegrasi ini menciptakan efisiensi bagi HRTA dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

            Sejauh ini, sudah ada dua brand emas utama yang dimiliki HRTA, yakni EmasKITA yang merupakan emas batangan 0,1 hingga 100 gram dan merupakan produk kerjasama dengan anak usaha PT ANTM, yakni PT Emas Antam Indonesia, serta brand Kencana yang merupakan pionir dan satu-satunya perhiasan emas di Indonesia yang memiliki kemurnian 24 karat plus.\

Laporan keuangan PT Hartadinata Abadi Tbk (Sumber: PT Hartadinata Abadi Tbk)

Meskipun memiliki konsep yang terintegrasi, pendapatan perusahaan masih didominasi oleh sektor penjualan grosir. Namun ini bukanlah hal yang buruk selama pendapatan perusahaan masih terus berkembang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline