Lihat ke Halaman Asli

Johan Aris

Mahasiswa

Krisis Lingkungan Bersih : Mahasiswa KKN UMBY 2022 Mengajak Masyarakat Desa Krajan Peduli Lingkungan

Diperbarui: 13 Februari 2022   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gerakan Pemberdayaan Lingkungan Sehat di Desa Krajan (sumb: dok pribadi)

Yogyakarta, Kompasiana.com - Kamis, 10 Februari 2022 Mahasiswa yang tergabung dalam KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta yakni kelompok 21 mengajak masyarakat Desa Krajan lebih peduli terhadap lingkungan sehat.

 
Kondisi lingkungan di Desa Kerajan, Bandarsedayu II, Kec.Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah, cukup memprihatinkan. Permasalahan ini berpusat pada penumpukan sampah selama beberapa tahun di berbagai titik dalam Desa Krajan hingga saat ini dan harus segera terselesaikan.
 
Melihat persoalan ini, maka kelompok 21 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta berinisiatif mengajak masyarakat Desa Krajan untuk turut berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan sehat. Melalui gerakan sosialisasi edukasi pengelolahan sampah dan dampak dari sampah, serta gerakan kerja bakti dengan warga Desa Krajan.
 
Terlepas dari adanya kerja bakti, mahasiswa kelompok 21 KKN-PPM UMBY juga turut menyediakan kotak sampah di setiap RT Desa Krajan secara organik dan anorganik, dengan tujuan memudahkan warga desa dalam pemanfaatan sampah, seperti sampah Organik dan Anorganik.

Penyerahan Bibit Pohon sebagai Gerakan Awal (sumb: dok pribadi)

Pupuk Organik dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik sehingga dapat mengurangi modal petani. Kemudian untuk sampah Anorganik juga dapat dimanfaatkan oleh warga desa kerajan yang berprofesi sebagai pengepul sampah plastik.
 
Tidak berhenti sampai disitu, untuk mendukung lingkungan sehat lainnya kelompok 21 KKN-PPM UMBY juga berpartisipasi dalam membagikan tanaman pohon dan bibit sayuran dalam polybag kepada warga Desa Kerajan, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
 
Program kerja yang digagas oleh Mahasiswa kelompok 21 KKN Universitas Mercubuana Yogyakarta ini mendapat apresiasi dari warga sekitar, yakni Bapak Budi Handoyo yang memaparkan bahwa program yang digagas Mahasiswa KKN UMBY ini sudah sangat menginspirasi warga desa untuk lebih peduli dengan lingkungannya.
      “ Jika program ini berjalan terus maka desa krajan akan lebih nyaman dan sehat,” imbuh Budi Handoyo selaku kepala Dusun Krajan.

Tidak hanya apresiasi dari warga saja, namun program kerja ini turut didukung dan diapresiasi dengan baik juga oleh Kepala Desa Bandarsedayu yakni Bapak Muhammad Hisam,

      “Wah ini program yang sangat baik, saya malah berterimakasih dengan jenengan-jenengan semua yang sudah peduli dengan desa kami” tutur Bapak Hisam selaku Kepala Desa Bandarsedayu.
 
Program KKN-PPM UMBY yang berlangsung dari 20 Januari – 10 Februari 2022 yang diikuti oleh kelompok 21 ini beranggotakan 8 mahasiswa. Program kerja bidang lingkungan - kerja bakti yang telah dilaksanakan menjadi salah satu dedikasi positif dari mahasiswa KKN-PPM UMBY  kepada Desa Krajan yang telah menerima baik kehadiran dan seluruh program kerja di tengah masyarakat Krajan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline