Lihat ke Halaman Asli

Johan Japardi

Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Saus Hoisin yang Unik

Diperbarui: 30 April 2021   04:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dari Catatan Harian 18 Maret 2021,

Hoisin adalah dialek Kanton* untuk 海鮮/海鲜 haixian (Hokkien: haisian) yang bermakna hidangan laut atau makanan hasil laut (Inggris: seafood).

Saus ini saya katakan unik karena terlepas dari namanya, ia sama sekali tidak mengandung seafood dan tidak pernah digunakan bersama seafood. Sumber

Saus ini sekarang sudah mendunia. Selain rasanya yang manis, asin, dan sedikit masam, dan aromanya yang wangi, juga karena saus ini bisa digunakan untuk marinasi, maupun sebagai saus cocolan, misalnya pada hidangan bebek Peking.

Ada banyak variasi resep saus Hoisin dan salah sebuah merek yang populer untuk saus ini adalah Lee Kum Kee. Saya sedang meneliti untuk membuat saus Hoisin resep saya sendiri.

*Kanton (Inggris: Canton) adalah padanan kata Guangdong yang diadaptasi ke dalam bahasa Inggris karena orang Barat tidak bisa melafalkan 廣東/广东 Guangdong, nama sebuah provinsi di China. Akibatnya, entah disadari atau tidak, timbul kerancuan karena Canton adalah pembagian teritorial /administrasi di beberapa negara, terutama Swiss, dan juga Kotapraja Perancis Kanada.

Di China sendiri, Guangdong bisa disingkat menjadi 粵/粤 yue sehingga bahasanya disebut 粵語/粤语  yueyu, bahasa Kanton.

Jonggol, 5 April 2021

Johan Japardi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline