Lihat ke Halaman Asli

Empat Walikota Terbaik 2017 Versi Jogja Award

Diperbarui: 31 Januari 2017   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia semakin yakin untuk bersaing di kancah Internasional. Keyakinan tersebut berangkat dari pertumbuhan dan perkembangan daerah yang pesat. Perkembangan daerah tidak dapat lepas dari perang Walikota dan Bupati. Berikut ini adalah profil 4 Walikota dan Bupati Terbaik versi Jogja Award:

1. Ridwan Kamil (Bandung)

Walikota Bandung yang satu ini akrab dipanggil Kang Emil. Ia terkenal dengan sosok muda, cerdas dan kreatif. Kedekatan tanpa batas dengan masyarakat di dunia nyata dan media sosial membuatnya sangat populer, tak hanya oleh warga Bandung, tapi juga masyarakat Indonesia.

Banyak sekali ide-ide dan perubahan yang diciptakan oleh Ridwan Kamil sejak Ia terpilih menjadi Walikota Bandung. Ia menggagas konsep Smart City, revolusi transportasi massal seperti Skybridge, hingga pelayanan publik pemerintah kota Bandung yang mendapat penghargaan terbaik se-Indonesia.

Dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil, Kota Bandung mendapatkan berbagai penghargaan ditingkat nasional maupun internasional. Ia mendapatkan penghargaan Piala Adipura Kirana dari Presiden Jokowi, Walikota terbaik se-Indonesia dari Jawa Pos, hingga dinobatkan menjadi walikota terbaik bersama 11 walikota dunia lainnya dalam forum Young Leader Symposium World Cities Summit di Singapura.

2. Tri Rismaharini (Surabaya)

Siapa yang tidak kenal Walikota wanita yang satu ini? Walikota yang akrab disapa Risma ini menarik perhatian seluruh masyarakat Indonesia dalam kiprahnya memimpin Kota Surabaya. Dengan ketegasannya, Ia membuat gebrakan positif yang mencengangkan masyarakat Indonesia, sejak pertama menjabat menjadi Walikota.

Dibawah kepemimpinan Risma, Kota Surabaya mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi seperti, Kota Terbaik se-Asia Pasifik oleh Citynet, Innovative City of the Future dalam London Summit Leaders, dan penghargaan lainnya.

Sebagai seorang Walikota wanita, Risma juga menerima penghargaan Ideal Mother Award 2016 yang diadakan oleh Universitas Kairo Mesir. Selain itu, Risma juga dikukuhkan sebagai Mayor of the Month for February 2014.

Risma sempat ingin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Walikota. Namun, warga Surabaya menolak rencana pengunduran diri Risma.

3. Haryadi Suyuti (Kota Jogja)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline