Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNDIP Sulap Daun Kelor Menjadi Hand Sanitizer

Diperbarui: 12 Februari 2021   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Galeri Penulis)

Kalipancur (02/12) Kelurahan Kalipancur merupakan kelurahan di Ngaliyan yang sebagian besar merupakan buruh pabrik dan pensiunan. Warga mengeluhkan karena adanya New Normal diwajibkan memakai sabun atau hand sanitizer setiap bepergian, ini menyebabkan perlunya pengeluaran untuk membeli perlengkapan tersebut. Melihat ini, seorang mahasiswa Undip Nicola Ardana menawarkan solusi dengan membuat hand sanitizer dengan daun kelor.

Tanaman kelor merupakan tanaman yang sering dijumpai dan sering dipandang sebelah mata. Tanaman kelor sendiri memiliki efek anti mikrobial dan segudang manfaat lainnya. Di indonesia sendiri biasanya daun kelor dijadikan teh atau bahan pangan. Dalam pembuatan hand sanitizer yang digunakan adalah ekstrak daun kelor yang dapat dibuat dengan mudah dengan cara direbus hingga setengah airnya menguap. Kemudian ditambah alkohol dan zat aditif lainnya seperti Hidrogen Peroksida dan Gliserol sesuai dengan anjuran WHO.

Hand sanitizer yang dibuat mendapat respon positif warga, bahkan salah seorang warga mengatakan bahwa hand sanitizer yang dibuat mahasiswa Undip ini lembut di tangan dan nyaman digunakan dibanding hand sanitizer biasa yang dibelinya.

Penulis : Nicola Ardana Sola Gracia (Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro)
Dosen Pebimbing  : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline