Lihat ke Halaman Asli

Sibuk Bekerja Mengakibatkan Hubungan Renggang

Diperbarui: 14 Mei 2023   01:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seiring beranjaknya dewasa, kita masing-masing pasti disibukkan dengan adanya pekerjaan. Baik itu bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena tuntutan orang tua maupun pasangan, bahkan hingga bekerja hanya untuk menyalurkan hobi saja. Bekerja memang memiliki banyak dampak positive dalam kehidupan kita. Namun, terlalu banyak bekerja bisa menyebabkan beberapa hal negative muncul dalam kehidupan kita. Terlalu banyak bekerja dapat mengakibatkan kita menjadi lupa akan Kesehatan diri sendiri, tidak memiliki waktu cukup untuk bersosialisasi, bahkan lupa meluangkan waktu untuk keluarga atau pasangan kita.

Sejatinya, dalam hubungan keluarga maupun berpasangan, kita memiliki tanggung jawab akan hubungan tersebut. Sebagai keluarga atau pasangan yang baik, seharusnya kita mampu memprioritaskan mereka dan memberikan waktu yang cukup untuk membangun relasi yang kita miliki dengan mereka. Namun saat ini, pekerjaan dapat dikatakan merupakan salah satu penghambat untuk membangun relasi yang baik dengan keluarga maupun pasangan. Karena saat ini banyak dari kita yang bekerja baik itu sebagai pegawai kantor maupun sebagai pebisnis, terlalu asyik bekerja hingga lupa waktu. Kita bekerja baik pada saat di kantor maupun di rumah selama 24/7. Apalagi untuk para karyawan yang sering lembur bekerja hingga larut malam, namun di rumah juga masih harus menyelesaikan pekerjaan lainnya. Apakah kalian termasuk salah satu di dalamnya?

Jika ya, mungkin kalian harus memikirkan lagi apa prioritas kalian sebenarnya dalam hidup ini. Apakah benar pekerjaan merupakan prioritas utama kalian? Namun kalian rela tidak meluangkan waktu dengan keluarga atau pasangan anda?

Agar kalian tidak menjadi salah satu orang yang meninggalkan hubungan dengan orang-orang terdekat kalian karena pekerjaan, maka simak tips-tips beriktu ini:

1.Buatlah jadwal harian dan tentukan kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk memberikan quality time bersama keluarga maupun pasangan.
2.Disiplin dengan menyelesaikan pekerjaan kantor sesegera mungkin agar tidak menumpuk dan mengurangi waktu kalian dengan keluarga maupun pasangan.
3.Membuat rencana mingguan maupun bulanan untuk meluangkan waktu satu hari penuh bersama keluarga maupun pasangan.
4.Selalu memberi kabar kepada keluarga maupun pasangan di sela-sela waktu pekerjaan agar mereka tidak merasa dilupakan.
5.Jika memang jumlah pekerjaan sangat banyak, libatkan keluarga maupun pasangan anda agar mereka merasa lebih berguna dan dihargai. Sehingga menjadi win win solution dimana kamu dapat meluangkan waktu bersama keluarga maupun pasangan sembari bekerja.

Itulah tips-tips untuk menjaga hubungan kalian dengan orang-orang terdekat meskipun kalian memiliki pekerjaan yang banyak.

Jangan sampai kita kehilangan orang yang kita kasihi karena kita terlalu mementingkan pekerjaan dibanding orang terdekat kita. Hargai waktu yang ada, bersama orang yang tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline