Lihat ke Halaman Asli

Joanna Lie

Project Assistant

Beragam Kisah di Balik Tangyuan

Diperbarui: 4 Februari 2023   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.travelgluttons.com/wp-content/uploads/2017/01/Glutinous-Rice-Balls.jpg

Malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek merupakan puncak dari perayaan Tahun Baru Imlek yang sering disebut juga sebagai Cap Go Meh. Cap Go Meh yang awalnya hanya dimeriahkan oleh etnis Tionghoa mulai dimeriahkan oleh berbagai etnis. Perayaan ini sendiri dapat terlihat dari adanya puluhan hingga ratusan lentera terang dengan berbagai ukuran dan warna yang memenuhi jalan, rumah, dan gang.  Tari naga, barongsai, tathung, hingga penjual makanan berkumpul dalam hiruk-pikuk perayaan yang sangat penting bagi umat Tionghoa karena memiliki arti sebagai harapan untuk Tahun Baru yang sehat dan sejahtera.

Dalam perayaan Cap Go Meh, terdapat sejumlah hidangan yang wajib untuk dikonsumsi saat perayaan berlangsung. Hidangan yang wajib tersedia di meja makan adalah tangyuan (mandarin tradisional: 汤圆; pinyin: tāngyuán). Dulu, makanan ini disebut 'yuanxiao' (mandarin tradisional: 元宵; pinyin: yuánxiāo) yang memiliki arti malam di hari pertama yang mengacu pada bulan purnama pertama setelah Tahun Baru Imlek dan diubah menjadi tangyuan yang jika diterjemahkan menjadi bola sup. Meskipun begitu yuanxiao sebagai makanan penutup tetap masih adalah, tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Tangyuan menjadi makanan yang cocok untuk disantap saat acara seperti ini. Karena bentuknya yang bulat dan sering kali disajikan dalam mangkok yang kemudian memiliki filosofi dan makna sebagai persatuan, kebersamaan, dan berkumpulnya keluarga karena terdengar sama dengan 'reuni' dalam bahasa mandarin (mandarin tradisional: 团圆; pinyin: tuányuán).  Makanan ini juga memiliki mitos, yakni jika Anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan orang yang Anda cintai saat bulan purnama, maka akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan saat tahun baru.

Saat ini, masyarakat dapat menemukan makanan ini dimana saja, mulai dari supermarket, restoran, hingga e-commerce. Bahkan hidangan ini juga telah menjadi hidangan lokal di Tiongkok. Memakan hidangan ini memang memiliki makna sebagai persatuan. Namun, membuat tangyuan dalam berbagai warna juga memiliki arti keberuntungan tersendiri dalam budaya Tionghoa meskipun secara tradisional tangyuan memiliki warna putih saja. Berikut adalah warna serta artinya:

- Warna putih: melambangkan hubungan interpersonal yang baik,

- Warna merah: melambangkan keceriaan

- Warna merah muda: melambangkan cinta

- Warna kuning: melambangkan kekayaan

- Warna hijau: melambangkan kesehatan

- Warna biru: melambangkan karir

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline