Lihat ke Halaman Asli

Jimmy S Harianto

TERVERIFIKASI

Mantan Redaktur Olahraga dan Desk Internasional Kompas

Tambah Calvin Verdonk, Timnas Kini Punya 12 Bek

Diperbarui: 7 Juni 2024   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Calvin Verdonk pemain bek kiri Eredivisie Belanda NEC dan jebolan Feyenoord Rotterdam, dengan KTP nya. Verdonk jadi WNI sejak Selasa (04.06.2024) lalu. (Foto: PSSI/Laman Resmi)

Filipina khusus menambah delapan pemain naturalisasi yang baru di timnya menghadapi pertandingan-pertandingan akhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk lawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11.06.2024) mendatang.

Indonesia pun sebenarnya juga melakukan hal serupa untuk memperkuat timnas. Tambah pemain naturalisasi sesuai posisi yang dibutuhkan. Sebagian sudah diturunkan ketika Indonesia dikalahkan Irak 2-0 di Senayan, Kamis (06.06.2024) kemaren.

Dua paling terbaru tentunya pemain Venezia FC Jay Idzes dan Calvin Verdonk jebolan Feyenoord Rotterdam, yang baru saja sah menjadi warga negara Indonesia per Selasa (04.06.2024) baru lalu.

Dengan tambahan pemain bek kiri pemain Eredivisie NEC Belanda berdarah Indonesia ini, Calvin Verdonk ini, maka timnas Garuda asuhan pelatih Korea Shin Tae-Yong genap memiliki dua belas (12) pemain bek yang solid. Cukup untuk menyusun pertahanan dua kesebelasan.

"Banyak pihak di dalam negeri membantu prosedur Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepak bola Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting menuju Piala Dunia 2026," kata orang nomor satu PSSI Erick Thohir, menurut laman resmi PSSI, Rabu (05.06.2024) silam.

"Saya apresiasi proses persetujuan FIFA yang secara langsung ikut mendukung agar sepak bola kita maju. Saya pastikan Verdonk siap bertanding saat lawan Filipina, meski keputusan pemain yang akan dimainkan ada di tangan pelatih," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di laman resmi PSSI pula.

Jay Idzes (24) yang tiba di Jakarta Rabu siang, maupun Calvin Verdonk (27) tidak dimainkan lawan Irak di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Gelora Bung Karno Kamis (06.06.2024) lalu. Akan tetapi Erick Thohir pastikan Jay Idzes -- yang baru saja ikut membawa klubnya Venezia lolos ke Seri A Italia 2024-2025 Senin (03.06.2024) pekan lalu---dan Calvin Verdonk sudah bisa diturunkan lawan Filipina di pertandingan akhir Grup F Kualifikasi Asia di Senayan, Selasa (11 Juni 2024).

Kehadiran Verdonk menambah kekuatan lini belakang Timnas. Persaingan akan semakin ketat untuk bisa tampil memperkuat timnas Garuda. Keduabelas (12) pemain defender (bek) yang dimiliki Timnas kini adalah Rizky Ridho, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Elkan Baggott, Justin Hubner, Muhammad Ferrari, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam.

Lini yang kurang? Sepertinya masih perlu dicari pemain striker yang haus gol. Bisa dari pemain dalam negeri ataupun luar negeri. Juga tentunya, cadangan kiper kalau saja Ernando Ari dan Nadeo Argawinata ataupun Adi Satryo perlu pelapis untuk pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Dunia mendatang...

Delapan Naturalisasi Filipina

Nyaris saja mengalahkan Vietnam di Rizal Memorial Complex, Manila, Kamis (06.06.2024) lalu dengan memimpin terlebih dulu melalui gol pemain naturalisasi asal Jerman, Patrick Reichelt, namun kemudian berhasil disusul dan Vietnam bahkan unggul 3-2 di menit 5 injury time (90+5).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline