Lihat ke Halaman Asli

Jimmy S Harianto

TERVERIFIKASI

Mantan Redaktur Olahraga dan Desk Internasional Kompas

Tol Becakayu Mangkrak Selama Lima Presiden

Diperbarui: 18 November 2022   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Exit Pondok Kelapa Tol Becakayu (Foto Tira Hadiatmojo)

Tidak salah jika mengunjuk proyek pembangunan Jalan Tol Layang Becakayu adalah “monumen proyek mangkrak” terlama, yang bakal digunting pita pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Bisa dibayangkan, bahwa tol sepanjang 16,02 kilometer antara Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang mula digagas Presiden Soeharto pada 1995 dan mangkrak tiga tahun kemudian 1998, baru akan diselesaikan tuntas setelah melalui pemerintahan enam presiden dalam waktu 24 tahun. Sebelum akhir 2022 diperkirakan selesai.

Akhir pekan (8/Oktober/2022) yang cerah, disusul mendung dan hujan, jalan yang melayang di sepanjang Kalimalang menuju arah Bekasi itu sudah bisa dilalui mobil 90 persennya. 

Jarak tempuh dengan roda empat antara Kampung Melayu Kasablanka-Pondok Kelapa 11,9 km yang biasa makan waktu tempuh lebih dari setengah jam, bahkan sejam jika pas macet, kini cuma perlu kurang dari sepuluh menit sudah sampai ujung ruas jalan Pondok Kelapa. Ruas lanjutan, bisa dilalui menuju pintu tol Kayuringin, Jakasampurna dan Kranji. Tinggal sekitar 4,1 km lagi, berujung akhir di pintu Bekasi...

Tinggal Gunting Pita

Mengutip pidato menarik dari seorang calon tokoh pemimpin politik yang berniat menjadi pemimpin negeri ini, bahwa “pemerintahan Jokowi itu hanya meneruskan proyek presiden-presiden sebelumnya, dan tinggal gunting pita,” adalah benar adanya. 

Sungguh tidak salah. Tetapi jangan pula lupa. Bahwa lima presiden sebelum Presiden Jokowi, dari mulai akhir pemerintahan Soeharto (1998) lalu Presiden BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan dua periode Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mereka semua telah membiarkan proyek Tol Becakayu mangkrak. 

Sejak mangkrak 1998, kelima Presiden RI sebelum Joko Widodo praktis tak melakukan progres apapun, sampai Jokowi  memulai kembali proyek mangkrak itu pada 2015, atau kurang setahun setelah Jokowi mulai memerintah. 

Sehingga, selama dua dekade, warga sekitar Kalimalang dan Pondok Kelapa sampai bosan melihat tiang-tiang raksasa penyangga calon jalan tol Becakayu itu mangkrak. Tiang-tiang itu sampai lumutan seperti candi.

Mengutip informasi tertulis dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ruas Tol Bekasi-Cawang-Kp Melayu yang dikelola PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dengan total sepanjang 16,02 km terdiri dari dua seksi yaitu, Seksi 1 Kasablanka - Jaka Sampurna sepanjang 11,9 km yang saat ini sudah beroperasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline