Lihat ke Halaman Asli

Jimmy Hitipeuw

Mantan wartawan

Membina Wirausaha Muda lewat Bahasa

Diperbarui: 29 Februari 2024   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jumlah wirausaha di Indonesia terbilang rendah di Asia Tenggara dengan rasio yang masih 3,47%. Rasio tersebut masih terbilang kecil apabila dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura, yang rasio kewirausahaannya 8,76%, Malaysia dengan angka 4,7%, dan Thailand di atas 4,5%.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada pertengahan tahun 2023, mayoritas wirausaha Indonesia merupakan lansia dengan kisaran usia di atas 60 tahun.

Sementara wirausaha muda hanya menempati porsi kecil. Sebagai gambaran saja, wirausaha dengan kisaran usia  15-19 tahun adalah 400.000 orang lebih dari 56 juta wirausaha di Indonesia.

Pertanyaan mengemuka saat ini adalah kenapa angka pertumbuhan wirausaha, terutama di kalangan kaum muda, lambat pertumbuhannya di Indonesia.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan ini, mulai dari rendahnya kapasitas SDM pelaku usaha hingga pola pikir masyarakat yang cenderung lebih menaruh minat untuk mencari pekerjaan ketimbang berwirausaha.

Permasalahan tersebut belum mencakup peliknya urusan regulasi di dunia kewirausahaan serta permasalahan masyarakat dalam akses modal.

Melihat sejumlah permasalahan di atas, tidak heran apabila masyarakat terbentuk pola pikirnya untuk lebih memilih mencari pekerjaan ketimbang berwirausaha dengan kenyataan dihadapkan pada berbagai risiko.

Padahal, masih banyak tersedia sejumlah peluang usaha dengan faktor risiko kecil dan permodalan tidak besar, yaitu di antaranya di bidang bahasa asing.

Ada beragam jenis usaha yang dapat ditawarkan dari jasa dengan keahlian berbahasa asing, mulai dari penerjemahan, pengajaran, hingga ke penulisan. Kebutuhan jasa usaha di bidang kemahiran berbahasa asing pun terbuka luas mengingat semakin tingginya frekuensi dan kerja sama sejumlah institusi di Indonesia dan antarnegara di berbagai sektor.

Ini merupakan fakta pesatnya pertumbuhan ekonomi global sehingga banyak perusahaan asing yang melebarkan sayap usahanya hingga ke Tanah Air.

Oleh karena itu, tidak heran apabila kehadiran jasa bahasa asing, baik dalam bentuk penerjemahan/penjurubahasaan, pengajaran, content writing, copy writing, dan jasa bahasa asing lainnya sangat dibutuhkan agar kerja sama antarnegara terjalin dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline