Lihat ke Halaman Asli

Andri S. Sarosa

Instruktur, Trainer, Konsultan Sistem Manajemen + Bapak yang bangga punya 5 Anak + 1 Istri

Penerapan Manajemen Lingkungan di Perusahaan

Diperbarui: 15 Januari 2024   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: NU Online

Jaman tahun 1995-an, saya sebagai pekerja Pabrik saat itu, sama sekali tidak paham bahkan boleh dibilang tidak peduli dengan yang namanya lingkungan produksi.

Sebab pekerjaan saya waktu itu adalah dibagian Quality Control yang lebih fokus pada mutu atau kualitas produk yang dihasilkan proses produksi Pabrik, bukan pada lingkungan area produksi Pabrik.

*

Tapi segalanya berubah sejak saya dipromosikan sebagai MR (Management Representative = Wakil Manajemen) ISO 9001 sekitar tahun 2000-an yang tugas pokoknya adalah mengelola Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan.

ISO (International Organization for Standardization) adalah sebuah organisasi internasional non pemerintah yang didirikan di Eropa pada tahun 1947 yang bertujuan untuk menyusun Standar Internasional agar kinerja proses dan produk atau layanan dihasilkan memenuhi persyaratan standar yang diakui di seluruh dunia.

Indonesia adalah bagian dari keanggotaan yang berjumlah sekitar 164 negara dan diwakili oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). Standar Internasional tersebut diadopsi oleh BSN menjadi SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga Perusahaan-Perusahaan yang menerapkan persyaratan Sistem Manajemen ini dapat bersaing di dunia internasional.

Produk ISO sendiri cukup beragam, yang populer antara lain:

  • ISO 9001: Sistem Manajemen Mutu
  • ISO 14001: Sistem Manajemen Lingkungan
  • ISO 45001: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • ISO 22000: Sistem Manajemen Keamanan Pangan
  • ISO 37001: Sistem Manajemen Anti Penyuapan

*

Suatu ketika Presiden Direktur Perusahaan memanggil saya dan memerintahkan agar Perusahaan mendapatkan Sertifikat ISO 14001 dalam waktu 1 tahun.

Sumber gambar: MK Academy

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline