Lihat ke Halaman Asli

Era Covid-19 Menuju Dunia Canggih

Diperbarui: 22 September 2023   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sadarkah anda sejak pandemi Covid-19 hampir semua pelajar di indonesia menggunakan teknologi demi menunjang pendidikan mereka? Pandemi Covid-19 telah mengubah hubungan interaksi masyarakat dunia untuk adaptif menggunakan teknologi digital (KOMINFO, Jakarta). Menurut anda, apakah teknologi tersebut akan membuat dunia menjadi lebih berkehidupan canggih dan bangkit pada mahasiswa, atau malah menurunkan kualitas pendidikan mahasiswa tersebut?

Mari kita ambil salah satu contoh penelitian dari SMKN 1 Bulango Utara. Ada beberapa dampak positif dari penggunaan teknologi di era pandemi Covid-19 ini, era transformasi kecanggihan teknologi. Dampak positifnya, sebagai berikut:

1. Memicu Percepatan Transformasi Pendidikan

Pemerintah telah memberlakukan sistem pembelajaran daring (online). Hal ini sangat mempercepat transformasi teknologi pendidikan di Indonesia yang tentunya berdampak positif karena pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. 

2. Adanya Aplikasi Pembelajaran Online

Karena adanya pandemi Covid-19, kini telah melahirkan berbagai program pembelajaran online guna mendukung pembelajaran. Banyak program belajar online yang lebih efektif. Aplikasi pembelajaran online juga tersedia fitur-fitur yang memudahkan pembelajaran online. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan masih bertahan sampai saat ini, sebagai bahan belajar utama ataupun bahan belajar tambahan. 

3. Kursus Online Gratis

Kursus online gratis juga mulai berkembang di tengah pandemi Covid-19. Ada beberapa lembaga yang menyediakan kursus online gratis bahkan dengan harga diskon.

4. Kreativitas Tanpa Batas Mahasiswa

5. Dosen/Guru Menjadi Lebih Melek Teknologi 

6. Internet Sebagai Sumber Informasi Yang Positif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline