Lihat ke Halaman Asli

Jihan Rahma

Mahasiswa

Bantu UMKM Warga Sambirejo, Mahasiswa KKN UMBY Gelar Sosialisasi Penjualan Produk UMKM Melalui Marketplace

Diperbarui: 11 Februari 2023   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Pemasaran di Balai Padukuhan sambirejo. Dokpri

    

 Semanu-Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 28 Universitas Mercu Buana Yogyakarta Angkatan XLII Tahun 2022/2023 menggelar sosialisasi pemasaran Bersama warga Dusun Sambirejo, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kegiatan digelar dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan seluruh warga masyarakat Sambirejo yang memiliki UMKM pada Sabtu (11/2).

UMKM sudah beragam macamnya mengingat usaha ekonomi produktif ini terus berkembang. Di Dusun Sambirejo khususnya terdapat UMKM yang membuka usaha sangkar burung, produksi kerajinan tas, produk bibit tanaman, produksi kerajinan kayu mebel, usaha makanan bakmi jawa, serta usaha billiard yang mana belum masuk ke pemasaran digital online atau masih dalam lingkup penjualan offlinestore sehingga tingkat pemasarannya masih di lingkup Desa Semanu. Oleh karenanya penting untuk melakukan upgrade terkait branding produk dan daftarkan ke akun marketplace untuk meningkatkan target jualnya. 

Sosialisasi pemasaran pada UMKM warga Sambirejo yang mengusung judul “Penjualan Produk UMKM melalui Marketplace” ini memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan warga UMKM untuk bisa masuk ke platform Marketplace dan mempunyai branding produk sendiri, sehingga mampu memperluas jangkauan konsumen serta pasar agar produk yang ditawarkan semakin dikenal di pasaran. Kegiatan ini sangat didukung oleh semua perangkat Dusun Sambirejo karena UMKM untuk wilayah ini perlu mendapatkan perhatian khusus terkait focus digital marketing mengingat era teknologi yang semakin canggih. 

Dokpri

Proses penginputan data untuk warga UMKM selama proses sosialisasi akan ditindaklanjuti oleh mahasiswa KKN, baik tutorial foto produk yang menarik, pengajaran pembuatan logo produk dan usaha, serta pembuatan akun Marketpace di Shopee, Lazada, Blibli, ataupun di Tokopedia untuk masing-masing usaha mereka. Hal itu dilakukan agar menjadi ilmu yang dapat mereka implementasikan nantinya pada keberlanjutan perkembangan usahanya.

Penulis : Jihan Rahma




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline