Lihat ke Halaman Asli

Segudang Emas Potensi Perikanan dan Limbahnya! Gemarikan bersama Mahasiswa KKN Undip X SDN Bolali 1

Diperbarui: 9 Agustus 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Klaten (25/07) - Gerakan GEMARIKAN (Gemar Makan Ikan) merupakan program nasional tahunan yang telah banyak dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi ikan dengan berbagai macam olahan agar gizi dalam tubuh terpenuhi, terutama pada anak-anak. Dengan budaya makan ikan sejak dini dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023, Jihan Nabila Puspasari dari program studi Teknologi Hasil Perikanan mengadakan kegiatan edukasi mengenai GEMARIKAN pada hari Selasa, 25 Juli 2023 di SDN Bolali 1. Sasaran program ini adalah siswa-siswi SDN 1 Bolali khususnya kelas 4, 5, dan 6.

Edukasi ini dilakukan dengan cara melakukan pendekatan langsung dan pemaparan materi singkat menggunakan powerpoint dan poster, serta diselingi dengan sesi tanya jawab seputar jenis-jenis ikan di Indonesia dan produk olahannya. Tidak hanya itu, kegiatan edukasi ini juga mengambil topik mengenai potensi limbah perikanan yang mana juga dapat dimanfaatkan sebagai produk makanan. Produk tersebut antara lain biskuit, tepung ikan, gelatin, kaldu ikan, dan masih banyak lagi.
Agar para partisipan tetap semangat selama keberjalanan kegiatan maka diadakan pula lomba mewarnai bersama di kelas 4 bertema perikanan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan didukung oleh semangat dan antusias para siswa siswi SDN 1 Bolali. Para pihak sekolah, seperti guru-guru dan kepala sekolah juga menyambut kegiatan ini dengan suka cita. Penutupan kegiatan dilakukan dengan pembagian hadiah, snack, foto bersama, serta pemasangan poster di mading sekolah.

Dokumentasi pribadi

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan perhatian baik secara individu maupun kelompok untuk gemar mengonsumsi produk-produk perikanan yang sehat, aman, enak, dan halal sejak dini. Produk yang dimaksudkan adalah produk yang berinovasi dan menarik, sehingga anak-anak semakin tertarik ketika mengonsumsi ikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline