Lihat ke Halaman Asli

Jihan mutia rahma

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Mengenal Diri Saya

Diperbarui: 11 September 2023   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jihan Mutia Rahma atau kerap dipanggil Jihan ini lahir di kota Jakarta, 02 Januari 2005. Berdomisili di Bogor, Jawa Barat. Tetapi, saat ini sedang menempuh pendidikannya di Ciputat, Tanggerang Selatan. Ia lahir dari pasangan Muchtar dan Yuli Damayanti serta mempunyai seorang kakak laki-laki bernama Ryan Zidane Hidayat. Sejak kecil ia gemar menonton film, mendengarkan musik, hingga bernyanyi. Terhitung dari banyaknya perlombaan bernyanyi yang ia ikuti walau pada akhirnya tak ada satu pun perlombaan yang ia menangi.

Pada tahun 2011 ia menempuh pendidikan pertamanya di SD Negeri Pengadilan 03 Bogor yang berada di kawasan Pabaton seberang Pasar Anyar. Kala itu, ia berangkat menggunakan kereta api. Walaupun hanya berbeda satu stasiun saja. Pada 2017, ia melanjutkan pendidikanya di SMP Taruna Terpadu dan berhasil mendapatkan peringkat pertama 3 tahun berturut-turut dikelasnya dan itu berlangsung sampai ia lulus dan menempuh kembali pendidikannya di SMA Taruna Terpadu tanpa mengeluarkan UDP (Uang Dana Pembangunan) sepeser pun. Ia juga berhasil mendapatkan beasiswa dengan bebas SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) selama 4 bulan. Di SMA ini, ia turut aktif mengikuti perlombaan Olimpiade Kimia tingkat Nasional dan berhasil mendapatkan medali Perak pada perlombaan yang ia ikuti. Tercatat juga ia pernah menjadi peserta OSN (Olimpiade Sains Nasional) oleh Kemdikbud pada tahun 2022. Walaupun sayangnya ia tidak berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Karena keaktifannya dalam mengikuti perlombaan itu, ia berhasil diterima di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta program studi kimia. 

Walau bukan Perguruan Tinggi Negeri yang ia minati dan bukan pula program studi yang ia inginkan tetapi ia tetap bersyukur karena dapat diterima di PTN tersebut. Saat ini keinginan ia adalah lulus tepat waktu dan mendapatkan hasil yang terbaik agar bisa mendapatkaan pekerjaan yang ia inginkan yaitu menjadi ilmuwan forensik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline