Lihat ke Halaman Asli

Jihan Alfaris

Mahasiswa

Pengaruh Pola Makan Yang Tidak Teratur Bagi Mahasiswa

Diperbarui: 6 Oktober 2024   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Untuk menjaga kesehatan tubuh, makan secara teratur itu sangat penting. Namun, makan yang teratur mungkin sulit bagi beberapa Mahasiswa. Mahasiswa yang sibuk akan tugas kuliahnya, seringkali telat makan bahkan sampai melewatkan makan. Kebiasaan ini sangat berbahaya bagi Kesehatan dan beresiko memiliki dampak yang buruk nanti dimasa depan.

Pola makan yang tidak teratur adalah pola makan yang tidak konsisten atau tidak sehat. Seperti melewatkan waktu makan, makan terlalu banyak, makan makanan cepat saji, waktu makan yang tidak teratur, atau mengonsumsi terlalu banyak kafein atau minuman manis. Kebiasaan tersebut memiliki dampak yang buruk pada tubuh dan kesehatan. Berikut adalah dampak buruk dari pola makan yang tidak teratur.

1. Mudah Terkena Penyakit

Pola makan yang tidak teratur dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih mudah terkena berbagai penyakit, sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang bisa menyebabkan terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, dan lain lain.

2. Kekurangan Gizi

Jika kita tidak mengonsumsi makanan yang teratur dan seimbang, kita tidak akan mendapatkan gizi yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti kekurangan gizi, vitamin dan mineral, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Gangguan Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan kembung.

4. Kesehatan Mental

Makan makanan yang tidak teratur dan kurang gizi juga dapat berdampak pada kesehatan mental. pola makan yang tidak teratur, bisa membuat kadar gula darah menurun dan dapat menyebabkan kelelahan dan mudah marah. Selain itu, kebiasaan makan juga berdampak dengan suasana hati (mood).

Itulah beberapa dampak tehadap pola makan kita yang tidak teratur. Langkah yang paling penting untuk Kesehatan kita dimasa depan, kita harus selalu memperhatikan pola makan kita secara teratur. Kita harus memilih makanan yang bergizi bukan yang cepat saji. Kesadaran akan pola makan yang baik juga menentukan kehidupan kita kedepan yang baik. Dengan memilih makanan yang baik, kita tidak hanya bisa merawat tubuh kita, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup kita. Jadi, mulailah menerapkan pola makan yang baik, agar tumbuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline