Lihat ke Halaman Asli

Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Otakmu

Diperbarui: 30 Oktober 2022   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Otak merupakan organ yang sangat kompleks dan berfungsi dalam mengatur segala proses dalam tubuh, termasuk dalam mengatur segala proses detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, keseimbangan hormon, dan suhu tubuh.

 Pola hidup yang buruk bisa merusak nutrisi penting yang ada pada otak kita, sekaligus membunuh sel sel otak yang bisa menimbulkan risiko gangguan mental.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak fungsi otak kita

  • Melewatkan  sarapan 

Sarapan merupakan hal terpenting untuk dilakukan sebelummemulai kegiatan sehari-hari. Membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari dapat mempengaruhi kinerja dan daya tahan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kita kekurangan energi, kehilangan konsentrasi dan kinerja fisik. Terlebih, kebiasaan melewatkan sarapan ternyata dapat membuat gula darah rendah, sehingga membuat tubuh kekurangan zat gizi yang dibutuhkan oleh otak. 

  • Kurang tidur 

Tidur yang kurang ternyata dapat mempercepat kematian sel sel otak dalam jangka waktu yang pendek, dan akan membuat kamu cepat merasakan lelah dan memiliki suasan hati yang buruk setiap harinya. Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan tersebut penting untuk selalu mendapatkan tidur malam yang baik.

  •  Kurang minum air putih

Sebanyak 80% dari otak adalah air. Oleh karena itu, otak butuh banyak asupan air agar kita dapat berpikir cepat dan fokus. Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan terhidrasi sepanjang waktu. 

  • Kesepian dan Stress

Sifat manusia sebagai makhluk sosial menyebabkan interaksi sosial mampu merangsang pikiran dan membuat seseorang bisa tetap waspada dan bahagia. Otak akan kesulitan mengatur mood dan lebih memilih untuk berdiam diri. 

  • Konsumsi gula berlebihan

Tingginya konsumsi gula dapat berakibat pada naiknya kadar glukosa dalam aliran darah. Jadi, ketika pola makan kita tinggi gula, kemampuan otak untuk belajar dan membentuk memori juga turut terhambat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline