Lihat ke Halaman Asli

Ende Online

Penulis Jurnalis Warga

Gelar Seminar Sehari Legio Maria Ende Bahas Situasi Kaum Mudah dan Kemajuan Zaman

Diperbarui: 19 Agustus 2023   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gelar Seminar Sehari Legio Maria Ende Bahas Situasi Kaum Mudah dan Kemajuan Zaman

Ende, Kompasiana | Dalam membahas berbagai situasi kaum mudah katolik, Komisium Legio Maria Ende Gelar Seminar sehari untuk peningkatan kapasita para anggota legio Maria. Kegiatan seminar sehari itu diselenggarakan di aula bina Ola Ngari Ende pada 19 agustus 2023.

Para peserta yang terlibat dalam kegiatan seminar sehari itu terdiri dari utusan anggota legio maria dari 17 kuria se kevikepan Ende

Komisium Ende juga menggundang Narasumber yang handal dalam memberikan pengetahuan tentang spiritualitas kepada peserta legio maria. Narasumber itu antara lain, Sr. Viktoria Lelboy, CU, RD. Fransiskus Betu, RD. Fransiskus Yance Sengga dan Dewan Komisium Ende.

Sr. Viktoria dalam Pemaparan materi tentang Spiritualitas Maria mangatakan bahwa  sebagai manusia yang sedang berziarah di dunia ini masih belum mampu menghadapi setiap masalah atau persoalan dengan baik, dan belum sadar untuk menerima sesungguhnya apa yang diberikan Tuhan, sampai -- sampai terkadang  lari dari masalah saat itu.

Selain itu Suster itu juga menjelaskan Mengapa berdevosi kepada Maria???

Menurutnya bahwa Kalau seorang umat katolik ditanya mengapa ia berdevosi kepada Maria, maka tentu juga beragam jawaban yang diberikan. Setiap kita memiliki alasan tertentu yang mendasar berdasarkan pangalaman atau keyakinan pribadi bahwa devosi kepada Maria itu membantu menguatkan imannya sebagai orang katolik.

Suster yang tugas kesehariannya sebagai pengajar itu mengatakan Sebagai seorang Katolik yang sejak kecil telah diajarkan dan dibiasakan berdoa melalui Bunda Maria sebagai pengantara kepada Tuhan, ada beberapa alasan Pertama, Dengan berdoa melalui Maria, kita menggunakan cara pendekatan, yang sama dengan pendekatan Allah Bapa ketika mengutus Putera-Nya Yesus datang ke dunia. Allah menggunakan pendekatan yang sangat manusiawi dengan memilih Maria sebagai ibu Yesus. Prosesnya dari kehamilan dampai kelahiranNya.

Kedua, Melalui pengantaran doa tersebut, kita memohon kepada Bunda Maria untuk menyampaikan doa-doa kita kepada Putranya yang terkasih, karena tidak ada satupun permintaan BundaNya yang akan ditolak olehNya.

Ketiga, Maria sebagai manusia pilihan Allah memiliki kualitas moral dan kesucian yang melebihi manusia biasa. Walaupun ia mengandung Yesus tetapi ia tetap perawan dan anak yang dikandung bukan berasal dari hubungan suami isteri melainkan berasal dari Roh kudus.

 Ke empat, Maria adalah sosok yang dianugerahi Allah dengan keajaiban dan mengalami banyk mukjizat selama hidupnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline