Lihat ke Halaman Asli

Proses Produksi Periklanan Terutama dalam Televisi

Diperbarui: 7 Juli 2024   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber : canva by jhorghi frenzi)

Nama : JHORGHI FRENZI

Nim    : 23010400132

Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I.Kom, M.I.Kom

PROSES PRODUKSI PERIKLANAN TERUTAMA DALAM TELEVISI

     Iklan adalah salah satu dari empat bentuk model promosi. Tiga bentuk promosi lainnya yaitu promosi penjualan, publisitas, dan personal selling. Sementara itu pengertian iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media, baik media cetak ataupun elektronik. 

Pengertian perusahaan iklan atau sering disebut Biro Iklan adalah sebuah kantor yang melayani jasa dalam bidang periklanan. Kantor periklanan ini berfungsi menghubungkan pihak perusahaan pengiklan, baik itu perusahaan jasa atau barang dengan pihak pemilik media iklan. Yang dapat diterapkan dalam media audio, audio visual maupun media cetak. Kemudian pengertian periklanan sendiri adalah keseluruhan proses yang meliputi persiapan, perencanaan dan pengawasan penyampaian iklan.

     Proses produksi sebuah iklan adalah seluruh rangkaian kegiatan dari tahap negosiasi dengan klien, persiapan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, produksi, penayangan hingga pengawasan terhadap penayangan dan dampak yang timbulkannya. Adapun tahapan tersebut adalah : 

1. Negosiasi, kegiatan ini biasa dilakukan oleh kalangan pimpinan perusahaan iklan untuk mendapatkan jaringan klien yang luas. 

2. Persiapan, tahap persiapan yang dimaksud adalah ketika klien sudah menyetujui untuk mengkontrak sebuah perusahaan iklan guna menangani promosi. 

3. Penelitian, tahap penelitian dilakukan oleh departemen riset dan media. Untuk menggali tujuan dan sasaran iklan. Penelitian dapat dilakukan di dalam ruang kantor yaitu dengan dilakukan diskusi dan studi literatur serta penelitian di luar dilakukan survei lapangan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline