Lihat ke Halaman Asli

Strategi Terbaik untuk Menang di Game MOBA

Diperbarui: 23 Juni 2024   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

     Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) adalah suatu permainan yang cukup populer untuk saat ini, seperti DOTA, HOK yang baru rilis serta Mobile Legends yang sangat ramai diperbincangkan dimanapun anda berada. Menang dalam game MOBA tidak hanya bergantung pada kemampuan mekanik, tetapi juga pada pemahaman taktik dan kerja sama tim yang efektif. Artikel ini akan membahas strategi terbaik untuk mencapai kemenangan di game MOBA.

1. Pemilihan Hero yang Baik dan Benar

     Pastikan tim memiliki komposisi hero yang seimbang, termasuk tank, marksman, fighter, mage,dan jungle. Setiap peran memiliki tanggung-jawab yang berbeda-beda, tentu yang krusial untuk keseimbangan tim. Dalam pemilihan hero, antisipasi untuk counter-pickingnya, jangan asal-asalan pick hero. Supaya keseimbangan permainan terjadi untuk mengatasi hero lawan dengan efektif. Harus tau juga kelebihan dan kelemahan dari setiap hero, ini sangat penting untuk mendapatkan counter yang cocok pada hero lawan. Tidak hanya itu, memahami setiap skill dari berbagai hero juga sangat penting. Ini sangat penting untuk dipahami dalam melawan hero tersebut nantinya. Jadi lebih bisa untuk membuat strategi untuk mengalahkannya dengan matang. 

2. Komunikasi dengan Tim

     Di dalam game secara umum tersedia fitur yang namanya voice chat atau fitur chat untuk berkomunikasi dengan tim. Informasikan pergerakan musuh, rencana serangan, dan kebutuhan bantuan. Tidak lupa untuk memberitahu kepada tim, jika musuh telah menggunakan ultinya, supaya tim tidak memiliki keraguan lagi untuk menyerang lawan. Jika ulti sudah dikerahkan, biasanya hero tersebut tidak terlalu sulit untuk dikalahkan, makanya informasi ini sangat penting untuk diberitahukan.

3. Kuasi Map dan Jangan Sampai Buta Map

     Map ini sangat penting untuk mengetahui posisi musuh ada dimana saja, dan untuk menghindari serangan mendadak. Jikalau sampai tidak bisa menguasai map atau tidak melihat map, kemungkinan digank musuh lebih besar. Karena tidak tahu ada musuh yang ingin menyerang secara mendadak ke posisi kita. Sering kali kemenangan diambil musuh karena tidak lihat map saat bermain. Musuh bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk menyerang pertahanan dari tim, karena tidak ada yang menjaga pertahanan tersebut, akhirnya kemenangan diambil musuh secara percuma. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat menguasai map dalam permainan.

4. Fokus pada Objektif

     Prioritaskan untuk mengincar tower atau menghancurkan tower dan inhibator daripada mengincar kill.Strategi ini memberikan keuntungan yang lebih besar dalam mencapai kemenangan. Kill memang penting untuk menang gold dari musuh, tetapi jika ingin tingkat kemenangan lebih besar, sangat disarankan untuk menghancurkan tower musuh terlebih dahulu. Dan jangan terlalu memaksa jika tidak dapat dihancurkan, cari tahu dulu posisi musuh dimana. Informasikan juga kepada satu tim, jika kamu ingin push tower, supaya teman satu tim dapat mengalihkan pandangan musuh dengan cara memancing war. Ini merupakan momen yang sangat bagus untuk push tower. 

     Di dalam game MOBA terdapat kontrol objektif seperti lord untuk membantu tim dan lawan dalam menggapai keunggulan dalam war dan juga saat push. Oleh karena itu, peran junggle sangat penting disini untuk mendapatkan lord dari musuh. Ketika dapat lord, tim menjadi sangat unggul daripada musuh. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mencapai kemenangan.

5. Team Fight dan Posisioning

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline