Lihat ke Halaman Asli

Taksi online dan penyelesaiannya

Diperbarui: 23 Maret 2016   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Aplikasi taksi online"][/caption]Mencermati kontroversi yang meruncing antara taksi konvensional & aplikasi Uber/Grab, permasalahan yang mengemuka berkaitan dengan 1) produk software aplikasi transportasi darat yang dimiliki oleh Uber/Grab yang merupakan ranah Menkominfo dan 2) produk jasa transportasi darat yang merupakan ranah Menhub.

PRODUKSOFTWARE APLIKASI TRANSPORTASI DARAT:

Uber & Grab menyatakan bahwa mereka merupakan perusahaan IT dan bukan perusahaan transportasi darat. Makasebagai perusahaan IT maka produk yang di jual Uber/Grab seharusnya adalah produk teknologinya, yaituproduk software aplikasi transportasidarat.

Software aplikasi Uber/Grab dapat di jual atau dikerjasamakan denganindividu, PT atau koperasi lokal.

Uber/Grab dapat mengatur operasionalsoftwareaplikasi transportasi, misalnya:1) menyediakan fitur pilihan transportasiuntuk mobil, truk, bis, motor dll., 2) menyediakan training mengenai cara menggunakan aplikasi.

Mematuhi ketentuan regulator untuk berusaha di bidang IT di Indonesia:bentuk badan hukum, ketentuan BKPM,3) Masuk dalam DNI (Daftar Negatif Investasi).

PRODUKJASA TRANSPORTASI DARAT:

Pembeli aplikasi Uber/Grab adalah yang seharusnya bertanggung jawab (bukan Uber/Grab) atas operasionaljasa transportasi daratseperti:

Mematuhi persyaratan/izin regulator untuk berusaha di bidang transportasi darat di Indonesia: perizinan (bentuk badan hukum/SIUP/NPWP/PKP),penentuan besar tarif/argo, pembayaran PPN/PPh, pelaksanaan KIR.

Seleksi & training pengemudi, reward (bonus) & punishment (banned) untuk pengemudi.

Biaya & cara pemasaran: subsidi tarif/argo, surcharge, free trip.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline