Lihat ke Halaman Asli

Jhodi Pangestu

Masih berproses

[Kreanova] Mengolah Jagung Manis Menjadi Susu (Sweet Corn Milk) yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Diperbarui: 18 November 2020   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fi2.wp.com%2Fwww.tokomesin.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F08%2FSusu-Jagung-Manis-dan-Sehat-tokomesin.jpg%3Ffit%3D533%252C800%26ssl%3D1&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.tokomesin.com%2Fpeluang-bisnis-susu-jagung-manis-dan-analisa-usahanya.html&tbnid=lUTzQqzLQ26IoM&vet=12ahUKEwjZkfnh-4vtAhXMSSsKHVBwCXIQMygMegUIARDAAQ..i&docid=jzO3O-fjXXeDnM&w=533&h=800&q=jagung%20manis%20menjadi%20olahan%20susu&safe=strict&ved=2ahUKEwjZkfnh-4vtAhXMSSsKHVBwCXIQMygMegUIARDAAQ

Jagung merupakan makanan pokok kedua setelah padi di Indonesia, secara spesifik jagung merupakan tanaman pangan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan juga hewan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis tanaman jagung, salah satunya yaitu jagung manis. Jagung manis (Zea Mays L. Saccharata) merupakan jenis jagung yang belum lama dikenal di Indonesia. Jagung manis ini semakin popular karena memiliki rasa lebih manis dibandingkan jagung biasa.

Di Indonesia biasanya jagung manis diolah menjadi beberapa olahan makanan dan minuman, contoh olahan makanan dan minuman yang sering kita temui yaitu berupa jagung bakar, jagung rebus, bubur jagung, kue basah, salad jagung, dan salah satunya yaitu diolah menjadi susu. Susu merupakan kebutuhan protein bagi tubuh manusia yang dapat terpenuhi dari bahan pangan hewani maupun nabati. Pengolahan jagung manis menjadi susu ini termasuk bahan pangan nabati.

Pengolahan jagung manis menjadi susu ini tidak terlalu sulit dalam pengolahannya, susu jagung manis diperoleh dengan cara dipipil / dipasahkan dari tongkolnya kemudian di sortasi untuk pemilihan biji yang bagus untuk pengolahan. Selanjutnya biji jagung yang lolos tahap sortasi biji jagung direbus menggunakan air. Setelah itu biji jagung digiling, selanjutnya gilingan biji jagung disaring untuk mendapatkan filtrat. Kemudia filtrat yang dihasilkan ditambah dengan flavor, gula, dan garam kemudian diaduk, kemudian filtrat yang telah diaduk dipanaskan 15-20 menit.

Susu jagung ini memiliki kelebihan dari susu sapi, susu kambing, dan susu kedelai kelebihannya yaitu bahan bakunya mudah didapat dengan harga yang terjangkau / tidak mahal. Susu jagung lebih banyak mengandung serat dan tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat susu bau amis). Selain itu susu jagung ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, dan susu jagung ini perlu dikembangkan karena memiliki banyak manfaat dan juga bahan bakunya mudah didapat dan cara pembuatannya tidak terlalu rumit.

Sweet Corn Milk (susu jagung manis) ini merupakan susu nabati yang merupakan solusi atau jalan lain bagi orang yang alergi dengan susu sapi dan susu kambing. Selain itu Sweet Corn Milk ini merupakan minuman yang menyehatkan tubuh karena tidak mengandung kolestrol dan adanya kualitas nutrisi didalam jagung. Selain itu susu jagung juga cocok dikonsumsi oleh kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan manula.

Berikut adalah manfaat Sweet Corn Milk (susu jagung manis) bagi kesehatan tubuh: jagung adalah sumber yang kaya akan kalori karena jagung memiliki kalori tertinggi di sereal. Jagung juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko kanker usus karena jagung memiliki memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu jagung juga banyak mengandung banyak fosfor dan magnesium yang dimana fosfor berfungsi dalam pemeliharaan pertumbuhan normal, kesehatan tulang, dan memelihara funsi ginjal. Sedangkan magnesium berfungsi untuk mempertahankan denyut jantung normal. Jagung juga memiliki antioksidan yang berperan melawan kanker yang disebabkan radikal bebas.

            Dengan mengetahui banyak manfaat yang terkandung dalam jagung manis ini, maka pengolahan jagung manis menjadi susu ini perlu dikembangkan oleh masyarakat khususnya pada zaman yang modern ini dan perlu dukungan dari Pemerintah karena memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Cukup sekian, hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang manfaat susu jagung manis bagi kesehatan tubuh. Terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline