Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Lomba Menggambar dan Mewarnai Untuk Tumbuh Kembang Anak Sekolah Dasar

Diperbarui: 27 April 2022   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

lomba-2-6268f0773794d135b4328b52.png

lomba-3-6268f080bb44865f6124ee66.png

lomba-4-6268f08a3794d123d77bd7b3.png

Kegiatan menggambar dan mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui sebenarnya apa manfaat dari kegiatan tersebut untuk proses tumbuh kembang anak-anak khususnya anak sekolah dasar. Untuk itu kami mahasiswa/i Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri dari Jevienka Aurellia Septiavioni, Dekande Manta Shandyka, Adila Safitri, Rizkiya Ramadina Putri dan Ferdy Aprizal yang saat ini sedang mengikuti salah satu program yang diadakan oleh UMM yakni Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) memutuskan untuk memasukkan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai sebagai salah satu program kerja kami di SDN Tegalgondo yang terletak di Jl. Raya Tegalgondo No.1, Babatan, Tegalgondo, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kami yang berasal dari kelompok 95 Gelombang 4 dibawah bimbingan Ibu Indri Wahyuningsih, S.Kep. Ns., M.Kep ini memutuskan untuk mengadakan lomba menggambar dan mewarnai bertemakan Bulan Ramadhan kepada siswa-siswi SDN Tegalgondo dengan alasan bahwa kegiatan sederhana dan sering dilakukan oleh anak-anak tersebut sebenarnya banyak sekali manfaatnya untuk proses tumbuh kembang mereka.

Manfaatnya antara lain mengembangkan motorik halus anak-anak, mengembangkan analisis visual mereka, membantu membangun konsentrasi, meningkatkan koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kepercayaan diri, dan berlatih memecahkan masalah secara kreatif.

Kami mengadakan lomba ini bertepatan dengan datangnya Bulan Ramadhan sehingga kami memutuskan untuk mengadakan lomba menggambar dan mewarnai dengan tema Bulan Suci Ramadhan. Siswa-siswi SDN Tegalgondo sangat antusias dengan kegaitan ini, mereka terlihat berkonsentrasi ketika lomba diadakan. Kami juga menyiapkan hadiah bagi 3 orang anak dengan hasil gambar yang menarik, penuh warna, dan kreatif. Dengan diadakannya lomba ini, kami berharap kami juga bisa membantu siswa-siswi SDN Tegalgondo dalam proses tumbuh kembang mereka salama di sekolah dasar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline