Lihat ke Halaman Asli

Oli Bekas Jadi Kit Poles Motor! Mahasiswi KKN UNDIP Memanfaatkan Limbah B3

Diperbarui: 11 Agustus 2022   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang (05/08/2022) - Pada minggu ke IV mahasiswa KKN Undip 2021/2022, Jessy C.O.Silalahi melakukan program kerja monodisiplin "Edukasi dan Pendampingan dalam Pembuatan Kit Poles dengan Menggunakan Limbah B3 (Oli Bekas) Terhadap Ibu Rumah Tangga".

 Limbah B3 adalah salah satu unsur yang sudah tak terpakai atau yang berasal dari hasil pembuangan. Biasanya, limbah ini ditemukan dari hasil industri yang akhir, seperti hasil pembuangan. 

Akan tetapi, zat ini tak bisa dibiarkan begitu saja, karena terdapat unsur tertentu yang berbahaya bagi lingkungan sekitar. Untuk itu, diperlukan proses pengelolaan, termasuk pada pengendalian limbah dengan bahan beracun dan berbahaya.

Di Kelurahan Karangrejo Kota Semarang terdapat salah satu permasalahan yaitu kurangnya kesadaran, pemahaman, dan pengetahuan ibu -- ibu rumah tangga mengenai limbah B3 dan cara pengelolaannya yang dapat dimanfaatkan kembali. 

Adanya inovasi lain, yaitu dengan melaksanakan edukasi, praktek langsung, dan pembagian produk tentang pemanfaatan oli bekas. Edukasi dari video dapat dimanfaatkan oleh ibu -- ibu rumah tangga sebagai media pembelajaran. 

Adapun praktek langsung yang dilakukan oleh Jessy C.O.Silalahi serta pemberian produk di balai kelurahan yang ditujukan untuk pengingat dan media edukasi bagi para ibu rumah tangga.

Mahasiswi KKN UNDIP, Jessy C.O.Silalahi memberikan hasil produk tentang limba B3 (oli bekas). Pelaksanaan program kerja ini bekerja sama dengan ibu PKK Kelurahan Karangrejo. 

Proses program ini diawali dengan pemaparan video pembuatan kit, lalu praktek langsung di depan para ibu rumah tangga. Keberlanjutan program ini yaitu memberikan hasil produk dari hasil praktek yang dilakukan di depan para ibu rumah tangga sebagai media pengingat dan media pembelajaran bagi para ibu rumah tangga.

dokpri

Ibu rumah tangga sangat berharap dengan adanya edukasi dan pembagian produk yang dilakukan Jessy C.O.Silalahi (Mahasiswi KKN UNDIP) dapat membantu meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pengetahuan terkait limbah B3 dan beberapa cara penanganannya sehingga terciptanya produk yang dapat digunakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline