Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Manusia Purba Menjadi Manusia Modern

Diperbarui: 4 November 2023   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan Manusia Purba Menjadi Manusia Modern

Tahun demi tahun, manusia semakin berkembang yang pada awalnya manusia purba, sekarang menjadi manusia modern. Kehidupan manusia itu semakin lama pasti semakin bertambah kebutuhan yang harus dipenuhi sehari-harinya. Perkembangan ini terjadi karena manusia ingin memenuhi kebutuhannya pada saat itu. Sehingga, menghasilkan ide, solusi maupun pikiran bagaimana cara agar mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya itu. Bagaimana cara manusia bisa sampai di zaman modern dengan pemikiran mereka itu? Mari kita simak lebih lanjut.

1. Manusia Purba dan Persebarannya

Menurut kumparan.com, manusia purba memiliki perjalanan yang cukup panjang dari masa ke masa. Manusia terus mengalami evolusi hingga memiliki karakteristik fisik seperti sekarang, dari segi fisik maupun perubahan sosial budaya. Menurut akupintar.id, manusia purba biasanya disebut sebagai Pre-historic atau manusia pra sejarah. 

Tetapi digantikan dengan nama pra aksara yang berarti belum mengenal tulisan. Menurut kompas.com, manusia purba itu disebut sebagai pra aksara yang terdiri dari pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Jadi zaman aksara adalah zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Keberadaan kehidupan manusia di Indonesia pada masa prasejarah dapat diketahui berdasarkan fosil (sisa makhluk hidup yang telah membatu) dan artefak (sisa perakatan manusia yang telah membatu). 

Pada 60.000-50.000 tahun SM, manusia purba dimulai dari dugaan bahwa manusia purba telah melakukan pergerakan dari Afrika Tengah ke Afrika Selatan. Pada 50.000-45.000 tahun SM, manusia melakukan perjalanan yang lebih luas menuju India, Arab, dan Indonesia. Pada 45.000-40.000 tahun SM, Perkembangan kehidupan manusia purba terhalang oleh mencairnya suhu di bumi (Zaman es). Pada 35.000-30.000 SM, persebaran manusia purba berlanjut sampai Kazakhstan dan Mongolia. Pada 20.000-10.000 SM, penyebaran terus menyebar sampai manusia purba menduduki wilayah Afrika Selatan. Pada tahun 10.000 SM, pergerakan ini terus terjadi sampai menguasai seluruh daratan bumi.

2. Jenis-jenis Manusia Purba

Dilihat dari persebaran manusia purba, fosil-fosil mereka menunjukkan bahwa ternyata ada berbagai jenis di dunia. Apa aja itu? Mari kita ketahui!

Dunia : 

  1. Ardipithecus Ramidus

Ditemukan oleh Yohannes Haile Selassie di Ethiopia pada tahun 1994, jenis manusia ini diperkirakan hidup sekitar 4,4 juta tahun yang lalu. Fosil bagian tubuh yang tersisa berjumlah 35 bagian yaitu berupa tengkorak, gigi, tulang panggul, tangan, dan kaki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline