Lihat ke Halaman Asli

Jesslyn Patricia

Mahasiswa Komunikasi Universitas Bina Nusantara

Masyarakat Harus Siap Menghadapi Kenaikan Bahan Pangan pada Tahun 2023

Diperbarui: 3 Februari 2023   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok BPS

2023 PARA MASYARAKAT HARUS SIAP MENGHADAPI KENAIKAN BAHAN PANGAN

Di Indonesia, para masyarakat harus siap menghadapi kenaikan harga bahan pangan pada tahun 2023. Kenaikan harga ini diprediksikan akan terjadi karena berbagai faktor seperti kondisi cuaca yang tidak baik, peningkatan permintaan domestik dan global, dan penurunan pasokan.

Untuk mengatasi kenaikan harga bahan pangan, masyarakat Indonesia dapat melakukan beberapa hal, seperti memilih bahan pangan yang berkualitas dan terjangkau, memasak sendiri di rumah, dan mengurangi konsumsi makanan siap saji. Berkoordinasi dengan keluarga atau teman untuk membeli bahan pangan dalam jumlah besar juga dapat membantu memperoleh harga yang lebih murah. Masyarakat juga dapat memilih bahan pangan lokal yang tersedia di pasar tradisional atau pasar desa, karena biasanya lebih murah dan memiliki kualitas yang baik.

Pemerintah Indonesia juga turut berperan dalam mengatasi kenaikan harga bahan pangan. Salah satunya melalui program-program peningkatan produksi pertanian dan memperkuat sistem distribusi bahan pangan untuk memastikan bahwa bahan pangan tersedia dengan harga terjangkau bagi masyarakat. 

Secara keseluruhan, kenaikan harga bahan pangan memang menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia. Namun, dengan beberapa tindakan dan dukungan dari pemerintah, kita dapat mengatasi hal ini dan tetap menjaga kualitas hidup yang baik.

Penyumbang inflasi terbesar adalah kelompok bahan pangan dan tembakau seperti beras, cabai merah, ikan segar, cabai rawit dan rokok kretek filter. Kelompok bahan pangan dan tembakau tersebut mempunyai andil yang cukup besar terhadap inflasi yang terjadi secara bulanan. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi yang terjadi pada bulan Januari 2023 adalah sebesar 0,34%. 

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan angka inflasi beras pada Januari 2023 lebih tinggi yaitu sebesar 2,34% Month to Month dan memberikan andil 0,07%. Harga cabai juga naik mencapai 10,9% dengan andil 0,04% dan harga tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan harga bulan desember 2022. 

Selain itu, ikan segar juga mengalami inflasi pada Januari 2023 sebesar 1,39% dan andilnya 0,04%. Angka inflasi untuk cabai rawit pada Januari 2023 adalah 17,85% dan andilnya 0,03%.

Margo Yuwono memberikan penjelasan kenaikan harga yang terjadi dapat disebabkan oleh faktor biaya produksi yang naik. Beliau mengatakan inflasi yang terjadi pada Januari 2023 lebih parah dibandingkan dengan Januari 2022. Kenaikan harga BBM disebutkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat harga bahan pangan naik. 

Dikutip pada hari Kamis, 2 Februari 2023, Margo Yuwono mengatakan "Nah di antaranya, itu lebih disebabkan karena biaya produksi yang naik, karena beberapa ongkos produksi, seperti tadi saya sampaikan ya, upah buruh pertanian naik, ini juga bisa juga karena dampak kenaikan BBM dan juga beberapa komponen biaya produksi itu juga terjadi kenaikan, jadi lebih disebabkan karena ongkos produksi."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline