Dalam perusahaan, perencanaan yang tepat menentukan arah jalannya perusahaan menuju target atau tujuan yang hendak dicapai. Tanpa adanya perencanaan, perusahaan akan kehilangan arah dan juga terhambat dalam mencapai target yang diinginkan.
Perencanaan mencakup pendefinisian tujuan atau sasaran organisasi, menetapkan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengembangkan hierarki rencana yang komprehensif untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan kegiatan. Maka, hal ini berkaitan dengan tujuan (apa yang harus dilakukan) serta sarana (bagaimana hal itu harus dilakukan).
APA ITU MBO?
Manajemen berbasis objektif bukanlah hal baru. Keistimewaan MBO terletak pada penekanannya pada pengubahan tujuan keseluruhan menjadi tujuan spesifik untuk unit organisasi dan anggota individu.
MBO adalah suatu sistem di mana sasaran kinerja spesifik ditentukan bersama oleh bawahan dan atasan mereka, kemajuan menuju sasaran ditinjau secara berkala, dan penghargaan dialokasikan berdasarkan kemajuan tersebut. Daripada menggunakan tujuan untuk mengendalikan, MBO menggunakannya untuk memotivasi.
MBO menjadikan tujuan operasional dengan merancang proses yang mengalir ke seluruh organisasi. Tujuan keseluruhan organisasi diterjemahkan ke dalam tujuan spesifik untuk setiap tingkat berikutnya---divisi, departemen, individu---dalam organisasi. Karena manajer unit tingkat bawah bersama-sama berpartisipasi dalam menetapkan tujuan mereka sendiri, MBO bekerja dari "bottom up" dan juga dari "top down". Hasilnya adalah hierarki yang menghubungkan tujuan-tujuan pada satu tingkat dengan tujuan-tujuan pada tingkat berikutnya. Untuk individu karyawan, MBO memberikan tujuan kinerja pribadi yang spesifik. Oleh karena itu, setiap orang mempunyai kontribusi khusus yang teridentifikasi untuk diberikan terhadap kinerja unitnya. Jika semua karyawan mencapai tujuan mereka, maka tujuan unit mereka akan tercapai, dan tujuan organisasi secara keseluruhan akan menjadi kenyataan.
UNSUR-UNSUR UMUM MBO
Ada empat unsur umum dalam program MBO. Hal tersebut adalah kekhususan tujuan, pengambilan keputusan partisipatif, jangka waktu yang jelas, dan umpan balik kinerja.
Tujuan dalam MBO harus berupa pernyataan ringkas mengenai pencapaian yang diharapkan. Misalnya, tidak cukup hanya menyatakan keinginan untuk memangkas biaya, meningkatkan layanan, atau meningkatkan kualitas. Keinginan tersebut harus diubah menjadi tujuan nyata yang dapat diukur dan dievaluasi. Untuk memotong biaya departemen sebesar 7 persen, untuk meningkatkan layanan dengan memastikan bahwa semua pesanan melalui telepon diproses dalam waktu 24 jam sejak diterimanya, atau untuk meningkatkan kualitas dengan menjaga tingkat pengembalian kurang dari 1 persen dari penjualan adalah contoh dari tujuan spesifik.
Dalam MBO, tujuan tidak ditetapkan secara sepihak oleh atasan dan diberikan kepada bawahan, seperti ciri penetapan tujuan tradisional. MBO menggantikan tujuan-tujuan yang ditetapkan ini dengan tujuan-tujuan yang ditentukan secara partisipatif. Karyawan dan atasannya bersama-sama memilih tujuan dan menyepakati cara mencapainya.
Setiap tujuan mempunyai jangka waktu konkrit untuk mencapainya. Biasanya, jangka waktunya adalah tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun.