Lihat ke Halaman Asli

JESSICA SAFITRI GUNAWAN

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Padjadjaran

Kutukan dan Cinta Sejati dalam Dongeng "Lutung Kasarung" dan "Beauty and The Beast"

Diperbarui: 29 Juni 2024   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mendongeng. (Sumber: Unsplash/quokkabottles via kompas.com)

Dongeng merupakan cerita rakyat yang fiktif atau khayalan dengan tema imajinatif yang biasanya tidak masuk akal. Dongeng juga bisa berupa cerita rakyat merupakan cerita dari masa lampau yang diturunkan dari mulut ke mulut dan menjadi ciri khas setiap bangsa dengan budayanya masing-masing. 

Fungsi dari adanya dongeng ini untuk hiburan, sarana untuk menyampaikan pesan moral, dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menggambarkan dan memahami warisan lokal suatu daerah. 

Karakter dongeng yang fantasi dan imajinatif ini menyebabkan cerita dongeng seperti ini jika dipikir dengan logika dan nalar tidak akan masuk akal. 

Beberapa dongeng-dongeng di Indonesia memiliki kemiripan dengan dongeng-dongeng di negara lain. Kemiripan cerita yang terjadi pada dongeng-dongeng itu bukan disengaja melainkan karena adanya persamaan budaya dan norma dalam masyarakat yang sedang berkembang pada saat kedua cerita itu diciptakan. 

Seperti cerita "Lutung Kasarung" dari Indonesia yang berkembang di daerah Jawa Barat yang memiliki kemiripan dengan cerita "Beauty and The Beast" dari Perancis. Kedua cerita itu memiliki kemiripan latar cerita yakni keluarga kerajaan.

Fenomena kutukan pada masa itu sangat populer, kutukan biasanya digunakan untuk menghukum seseorang yang melanggar aturan di sebuah daerah lebih tepatnya di sebuah lingkungan kerajaan. 

Seseorang yang terkena kutukan biasanya diasingkan atau diusir dari istana tempat tinggalnya dan boleh kembali jika kutukan itu sudah hilang. 

Hilangnya kutukan biasanya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Seperti pada dongeng "Lutung Kasarung" dan "Beauty and The Beast" yang mengisahkan seorang pria yang dikutuk menjadi wujud yang sangat seram dan buruk rupa, kutukan itu akan hilang jika pria menemukan cinta sejati yang mencintainya dengan tulus tanpa memandang parasnya yang seram itu. 

  • Lutung Kasarung

Dongeng "Lutung Kasarung '' merupakan cerita rakyat yang melegenda yang berasal dari Jawa Barat. Dongeng "Lutung Kasarung'' menceritakan tokoh Purbasari yang merupakan anak raja Prabu Tapa Agung dari kerajaan Pasundan yang bernama Kerajaan Pasir Batang. 

Prabu memiliki tujuh anak yang bernama Purbararang (sulung), Purbadewata, Purbaendah, Purbakancana, Purbamanik, dan si bungsu, Purbasari. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline