Lihat ke Halaman Asli

Jessica Pricilia

Mahasiswa Universitas Kristen Petra

Dari Limbah Jadi Produk Interior Estetik, Memang Bisa?

Diperbarui: 19 November 2022   00:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Eclectictrends.com

Sudah tidak asing lagi bagi kita jika mendengar berita mengenai limbah yang merajalela dan menumpuk setiap harinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap aktivitas manusia baik industri maupun rumah tangga pastinya menimbulkan limbah, hal ini dikarenakan oleh aktivitas manusia yang terus memproduksi sesuatu untuk kelangsungan hidup mereka dan jika tidak ditindaklanjuti, limbah yang menumpuk akan memberikan dampak negatif bagi manusia.

Ternyata dengan modal kreativitas dan ketekunan, limbah yang awalnya merugikan masyarakat dapat menjadi kerajinan/karya yang menguntungkan serta bernilai ekonomis bagi masyarakat jika diolah dengan baik loh!

Pemilihan limbah sebagai material utama untuk dijadikan sebuah karya juga tidak terbatas pilihanya, mulai dari plastik, kayu, kertas, stryofoam, dll. Hal ini menjadikan peluang untuk memanfaatkan limbah menjadi hal yang bernilai ekonomis semakin tinggi dan bervariatif jenisnya. Inilah yang menjadikan salah satu alasan kerajinan dari limbah bisa menjadi sebuah elemen dekorasi dalam Interior.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebanyak 270 juta penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 0,68 kilogram per orang per harinya. Dari sekian banyak jenis sampah yang ditemui, terdapat beberapa jenis sampah yang dominan seperti sampah plastik, kertas, serbuk gergaji. Sayangnya, limbah ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai.

Nah, daripada sampah-sampah ini menumpuk, lebih baik dimanfaatkan bukan?

Dibawah ini ada beberapa ide karya kerajinan dari limbah yang dapat menginspirasi kalian untuk menyulap limbah jadi produk Interior estetik!

"Plastik Pengganti Keramik?"

Coba lihat ke salah satu area di rumah kalian,

pasti setiap area memiliki unsur plastik di dalamnya kan?

Plastik selalu ada pada setiap barang di dalam kehidupan kita, mulai dari packaging produk, peralatan kerja, makeup, handphone kita, dll. Tetapi jika semua sudah tidak digunakan lagi, akan dikemanakan semua kemasan tersebut?

Sumber: Eclectictrends.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline