Lihat ke Halaman Asli

Jessica Christina

Hospitality and Tourism student of Trisakti Institute of Tourism

Korean Cake hingga Artisan Burger

Diperbarui: 12 Juli 2021   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: aegyo cakes

Saya Jessica Christina, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti prodi S1 Hospitaliti dan Pariwisata 2017 - dan salah satu penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud Republik Indonesia. Tulisan yang saya buat biasanya berdasarkan pengalaman atau pendapat pribadi saya.

Pandemi sudah berjalan satu setengah tahun lamanya hingga sekarang.

Pada tahun 2020, kita melewati banyak sekali tren cemilan. Pertama kali pada bulan Maret 2020 adalah Dalgona Coffee. Selalu ada saja minuman itu di dalam Instagram Story. Dalgona Coffee menjadi tren selama beberapa bulan dan terus berkembang, hingga diangkat menjadi ide bisnis bagi sebagian orang.

Dalgona Coffee menjadi sesuatu yang viral dan unik. Hingga awal 2021, banyak yang menjual Dalgona Coffee mulai dari kafe, hingga pedagang kaki lima yang dijual segelas hanya Rp5.000. Namun di Juli 2021, walaupun kita menghadapi PPKM kembali, bahkan saya juga tidak mendengar kata-kata "dalgona" lagi.

Maju ke Agustus 2020, dimana Korean Garlic Butter Bread muncul dan menjadi tren di Indonesia. Awalnya, roti ini tidak banyak dijual di pasaran sehingga banyak yang membuatnya sendiri di rumah.

Adapun yang menjual, harganya pun mahal. Bisa sampai Rp50.000 untuk 1 roti. Para pebisnis toko roti memanfaatkan tren ini, dan turut mengembangkan roti yang satu ini. Sehingga, Korean Garlic Butter Bread sudah dengan mudah didapatkan dan juga harganya terjangkau.

Pada menjelang akhir 2020, cloud bread menjadi tren karena terkenal dari TikTok. Kue Awan ini unik karena memiliki tekstur yang seperti busa - lembut, namun sangat ringan.

Cara pembuatannya juga mudah, yang terpenting adalah meringue (putih telur yang dikocok hingga kaku) dan gula. Walaupun begitu, tren ini sudah pudar bahkan sebelum masuk tahun 2021. 

Di tahun 2021, saya melihat belum ada cemilan yang viral dan juga belum ada cemilan dengan inovasi baru. Adapun cemilan yang terkenal beberapanya khas Korea.

Kaitannya, karena kita masih dalam masa pandemi COVID-19 dan lebih banyak waktu di rumah, ditambah dengan banyak pilihan drama Korea di tahun 2020 dan 2021.

Contohnya adalah Corndog yang mulai booming dan banyak dijual bahkan di area saya. Namun, corndog bukanlah cemilan baru sehingga potensi viralnya juga tidak besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline