Lihat ke Halaman Asli

kkntematik3.umsby23

Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 3 UMSurabaya 23

Membangun Desa

Diperbarui: 9 November 2023   06:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penutupan dan peresmian Pojok Literasi (dok. pribadi)

POLISI (ojok literasi) merupakan salah satu proker mahasiswa KKN-Tematik di Keluraha Sukolilo Baru, hal ini di latar belakangi karena kurangnya minat baca para anak-anak serta kurangnya buku-buku yang bisa dibaca oleh mereka sehingga kita membangun tempat untuk para anak-anak desa sukolilo untuk bisa berkumpul sambil bermain dan membaca bersama untuk meningkatkan minat baca para anak-anak sukolilo baru karena membaca adalah jembacatan ilmu. Tempat untuk POLISI sendiri berada tepat di belakang SD Muhammadiyah 9 surabaya, kita memilih tempat tersebut dikarenakan disana merupakan tempat para anak-anak Kelurahan Sukolilo Baru berlalu lalang sehingga tempat yang cocok untuk dibangun tempat literasi.

Mengecat pojok literasi (dok. pribadi)

Rabu 1 november 2023, merupakan hari yang sudah lama dinantikan namun ada perasaan sedih yang menyertai anggota kelompok 3 KKN-Tematik di desa sukolilo. Pada hari itu kita melakukan persemian POLISI (pojok literasi) serta penutupan kegiatan KKN-Tematik kita. 

Kita merasa bahagia karena salah satu proker kita yang kita bangun benar-benar dari 0 sampai dapat diresmikan. Namun kita juga merasa sedih karena kegiatan KKN-Tematik sudah sampai ujungnya, tak terasa perjalan kita selama 3 bulan harus selesai pada hari itu. 

Dalam acara peresmian tersebut kita mengundang: Kelurahan, Ketua RT 1-5, RW 02, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 9, Ormas setempat, Komunikasi Pelajar Mengajar, Guru TPQ, dan anak-anak dari Kelurahan Sukolilo Baru. 

Acara tersebut berjalan seperti biasanya, dilanjut dengan penampilan unjuk kreasi tarian Pitik Walik dari anak-anak Kelurahan Sukolilo Baru lalu kita mengadakan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol peresmian POLISI (Pojok Literasi), kemudian penyerahan kenang-kenangan sebagai bentuk terismakasih anggota KKN-Tematik desa sukolilo baru kepada pihak yang telah membantu proses berjalannya KKN-Tematik kita. 

Sampai pada acara penghujung kegiatan kita selama 3 bulan di Kelurahan Sukolilo Baru yaitu penutupan kegiatan KKN-Tematik yang diwakilkan oleh LPPM dan LP3. Sebagai kenang-kenangan kita melakukan foto bersama, dilanjut makan-makan, serta penutupan acara pada malam hari tersebut serta merupakan acara terakhi kita sebagai peserta KKN-Tematik yang ditutup oleh MC.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline