Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan SEO dan SEM pada strategi pemasaran digital

Diperbarui: 19 Maret 2019   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggunaan SEO dan SEM dalam strategi pemasaran digital sedang marak digunakan. Strategi pemasaran ini bila dioptimalkan akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi website tersebut. Sebelum mempraktekan SEO dan SEM mari kita lihat definisinya terlebih dahulu

SEO (Search Engine Optimisation)

seooooo-5c9098eb3ba7f77403367262.jpeg

SEO merupakan singkatan untuk Search engine optimisation yang merupakan salah satu strategi digital marketing. SEO adalah usaha untuk membuat website berada diurutan pertama pada search engine contoh google, yahoo dkk. 

SEO memanfaatkan kata kunci, nama domain, tag dan rekomendasi berupa link dari website lain sehingga website selalu berada di halaman pertama dan urutan pertama dalam search engine. SEO yang tepat akan membawa audiens untuk melakukan aktivitas dalam website kita. 

SEM (Seacrh Engine Marketing)

sem-google-adwords-5c90992b0b531c153003ff05.jpg

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah sebuah strategi pemasaran untuk mempromosikan website pada serach engine dengan membeli daftar hasil pencarian. 

Setiap mencari kata 'kereta api' maka akan selalu memabawa kita ke website dari PT KAI Indonesia tetapi dengan membeli daftar pencarian maka website kita berada diatas dari website PT KAI.  SEM juga memberi statistik sehingga kita dapat menghitung ROI (Return Of Investment).perbedaan letak SEO dan SEM bisa dilihat lewat gambar berikut  

PERBEDAAN SEO DAN SEM

Dokpri

Website travel yang menggunakan SEM akan berada pada urutan paling atas contohnya pegipegi.com dimana akan ada tulisan 'ad' yaitu advertisement sebagai tanda bahwa website tersebut secara sengaja membeli daftar pencarian kereta api sehingga namanya akan selalu berada di urutan pertama.

Sedangkan website yang mengunakan SEO akan tampak seperti website biasa tanpa ada tulisan 'ad'  dibawahnya pada contoh ini maka website kai.id. Website kai.id tidak perlu membeli daftar pencarian untuk menaruh websitenya berada pada urutan teratas.

Pemilihan penggunaan SEO atau SEM bisa didasarkan pada budget dimiliki perusahaan,  apabila memiliki budget yang besar menggunakan kedua teknik SEO atau SEM bisa dilakukan. Teknik SEO cocok digunakan bagi perusahaan yang tidak memiliki budget yang besar.

“On a broad scale, I see SEO becoming a normalized marketing tactic, the same way TV, radio, and print are traditionally thought of as marketing tactics.” – Duane Forrester, Senior Product Manager, Bing 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline