Lihat ke Halaman Asli

Jessica Amanda

Dokter Gigi

Ajak Masyarakat Mencegah Bau Mulut Bersama FKG Usakti

Diperbarui: 2 Maret 2024   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

FKG Usakti / dokpri

Bau mulut atau halitosis, merupakan suatu keadaan yang sering terjadi di masyarakat dan bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, serta kerap mengganggu hubungan sosial seseorang dalam masyarakat. Berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut, yaitu beberapa jenis makanan seperti bawang putih, petai, dan jengkol serta minuman seperti kopi. Bau mulut juga dapat timbul akibat adanya penyakit asam lambung dan diabetes. Kesehatan gigi dan mulut yang buruk seperti adanya gigi berlubang, sisa akar gigi, karang gigi, gigi palsu yang kotor, serta mulut kering dapat memicu timbulnya bau mulut.

Masyarakat yang berdomisili pada RT015/RW008, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, sebagian besar memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah. Hal ini menyebabkan masyarakat lebih berfokus pada mata pencaharian mereka daripada memperhatikan kesehatan gigi dan mulut sehingga rentan terjadinya bau mulut. Oleh karena itu, Tim PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti terjun ke lapangan pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Masyarakat diberi informasi mengenai penyebab bau mulut serta cara mencegah dan mengatasi bau mulut. Selain itu, masyarakat juga diberikan pelatihan menyikat gigi yang benar pada model gigi yang sudah disediakan, cara menggunakan benang gigi, pembersih lidah, dan obat kumur.

FKG Usakti / dokpri

Masyarakat yang datang mengikuti penyuluhan begitu antusias mendengarkan dan bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut. Pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulutpun meningkat setelah diberikan penyuluhan. Hal ini dapat dilihat dari skor hasil tes setelah penyuluhan yang lebih tinggi dibandingkan skor hasil tes sebelum penyuluhan.

FKG Usakti / dokpri

Tentunya PkM ini dapat berlangsung atas adanya kerjasama tim yang baik dipimpin oleh drg. Sheila Soesanto, MKG selaku ketua PkM, dan dibantu anggota tim yang terdiri dari unsur dosen, mahasiswa, dan alumni, yaitu drg. Aditya Pratama Sarwono, M.H, MARS, Sp.Pros, drg. Eddy, PhD, drg. Hani Yuliarsi, Sp.Pros, drg. Johny Halim, MKG, drg. Josephine Priska, drg. Jessica Amanda Putri, Winnie Valentini, Yasnill, dan Vallerie Trisha. Tim PkM saling melengkapi satu sama lain sehingga acara PkM dapat terlaksana dengan lancar.

Melalui kegiatan PkM ini diharapkan masyarakat dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dari penyuluhan dan pelatihan yang telah diberikan serta membagikan ilmunya kepada keluarganya masing - masing sehingga tingkat kebersihan gigi dan mulut masyarakat RT015/RW008, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, dapat meningkat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline