Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Budaya K-Pop terhadap Identitas Nasional Bangsa Indonesia

Diperbarui: 19 Oktober 2022   01:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Essay PKn

NPM : 6112201028

Nama : Jessica Valentina Chandra

Topik : Identitas Nasional

PENGARUH BUDAYA K-POP TERHADAP IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA

 

 K-pop, kepanjangan dari Korean Pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Kebudayaan Korea Selatan seperti musik pop, drama atau serial, fashion, produk kecantikan, dan artis Korea yang sudah populer di mancanegara. Kebudayaan K-Pop sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia sejak sepuluh tahun terakhir. 

Hal ini terjadi dikarenakan Piala Dunia Korea-Jepang tahun 2002 yang berakhir dengan Korea yang masuk ke dalam empat besar dunia. Hal ini juga disebabkan dengan semakin majunya teknologi digitalisasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet. 

Masyarakat cenderung mudah terbawa arus mengikuti kebudayaan luar dan hal ini mengancam identitas nasional bangsa Indonesia. Musik pop Korea premodern pertama kali muncul pada tahun 1930-an akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut mempengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea.

Budaya Korea berkembang begitu pesatnya dan meluas serta diterima publik sampai menghasilkan sebuah fenomena demam Korean Wave. (Simbar,2016). Korean wave merepresentasikan bagaimana budaya melebur dan bahkan bergeser dari konstruksi asalnya menjadi konsep yang baru. Dalam penelitian ini, peleburan budaya kemudian menjadi wujud baru yaitu budaya populer. (Ridaryanthi, 2014).

Dari data dan fakta yang sudah didapat, identitas bangsa Indonesia mulai terancam karena begitu kuatnya pengaruh K-pop sehingga masyarakat sudah sulit untuk memfilter dampak yang baik dan buruk. Dampak positifnya masyarakat bisa mempelajari bahasa Korea karena ketertarikannya di bidang K-Pop.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline