Lihat ke Halaman Asli

Langkah Awal Kepemimpinan atau Leadership

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dari akar kata "pimpin" kita mengenal kata "pemimpin" dan "kepemimpinan". Dalam Ensiklopedi Umum, kata "Kepemimpinan" atau leadership ditafsirkan sebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusia karena adanya kepentingan bersama; hubungan Itu ditandai oleh tingkah laku yang tertuju dan terbimbing dari manusia yang seorang itu. Manusia atau orang ini biasanya disebut yang memimpin atau pemimpin, sedangkan kelompok manusia yang mengikutinya disebut yang dipimpin.

Meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita sangat penting, karena kemampuan kepemimpinan kita, baik itu rendah maupun tinggi yang akan menentukan tingkat efektifitas kita sebagai seorang pemimpin. Hukum keterbatasan, dari Jhon Maxwell menyatakan, kemampuan kepemimpinan adalah batasan yang menentukan tingkat efektifitas seseorang dalam memimpin. Semakin rendah kemampuan kepemimpinan seseorang, semakin rendah batas potensinya, sebaliknya semakin tinggi kemampuan kepemimpinan seseorang akan semakin tinggi tingkat efektifannya dalam memimpin. Kalau Kemampuan kepemimpinan kita 3, maka efektifitas kita dalam memimpin tidak lebih dari 2, kalau kemampuan kepemimpinan kita 8, maka efektifitas kita dalam memimpin tidak lebih dari 7. Ini yang harus dipahami.

Meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita tidak dapat dilakukan secara cepat. meningkatkan kemampuan kepemimpinan seperti berinvestasi, di dalam pasar saham. kalau kita ingin cepat mendapat untung dalam sehari, lupakanlah. Kepemimpinan dikembangkan setiap hari, Tidak dalam sehari. Inilah makna dari hukum proses dalam kepemimpinan. semangat perbaikan dalam diri adalah hal yang utama.

Langkah pertama dan terpenting untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita terhadap orang lain adalah memperbaiki diri kita sendiri, memimpin diri kita. Kita tidak mungkin memimpin orang lain pada saat kita buruk dalam bersikap, semrawut dalam berfikir dan lamban dalam bertindak. Langkah awal untuk menjadi seorang pemimpin adalah dengan memperbaiki sikap, cara berfikir dan tindakan kita. Tanpa mampu merubah diri kita, tidak mungkin kita mampu merubah orang lain. Satu cara terbaik, agar kita mampu merubah diri kita, kata ajaib yang harus kita tanamkan adalah DISIPLIN. Untuk mulai belajar disiplin lakukan padahal-hal yang terkecil terlebih dahulu, dalam hidup kita sehari-hari…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline