Lihat ke Halaman Asli

Jelang Hari Jadi Kota Depok 2015

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14294097541156730652

Pin Kota Depok (sumber: depok.go.id)

Sekilas tentang Depok

Depok yang semula merupakan sebuah kecamatan yang berada di wilayah Parung Kabupaten Bogor, kemudian pada tahun 1976 perumahan mulai dibangun yang kemudian diikuti dengan dibangunnya Universitas Indonesia (UI), serta meningkatnya perdagangan dan jasa yang semakin pesat sehingga diperlukan kecepatan pelayanan. Dengan semakin pesatnya perkembangan dan tuntutan aspirasi masyarakat yang semakin mendesak agar Kota Administratif Depok diangkat menjadi Kotamadya dengan harapan pelayanan menjadi lebih maksimum. Disisi lain, Pemerintahan Kabupaten Bogor bersama-sama pemerintah provinsi Jawa Barat memperhatikan perkembangan tersebut dan mengusulkannya kepada pemerintah pusat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok diatur dalam UU No. 15 Tahun 1999 ditetapkan pada tanggal 20 April 1999 dan diresmikan pada tanggal 27 April 1999 berbarengan dengan Pelantikan Pejabat Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Depok, Drs. Badrul Kamal (depok.go.id).

Kota Depok di Tahun 2015

Dari tahun ke tahun perkembangan Kota Depok kian menunjukkan perubahan yang sangat signifikan. seperti yang dilansir dari laman resmi Kota Depok depok.go id, Pemerintah Kota Depok mencanangkan berbagai program andalan yang positif dan menarik perhatian masyarakat, diantaranya: (1) Kota layak anak; (2) Kota bersih dan hijau; (3) Kota tertib dan unggul; (4) Cyber city. Kemudian diaplikasikan dalam berbagai kegiatan seperti: (1) Gerakan sehari tanpa nasi atau One Day No Rice (ODNR) yang diterapkan setiap hari Selasa guna untuk meningkatkan ketahanan dan stabilitas pangan lokal; (2) Gerakan sehari tanpa kendaraan atau One Day No Car sebagai upaya untuk menghemat Bahan Bakar Minyak; (3) Pemberlakuan pajak progresif sejak tanggal 1 Januari 2012: (4) Hari tanpa tembakau sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Mei; (5) Berhemat air untuk menjaga ketersediaannya di musim kemarau.

Dari segi sarana dan prasarananya pun juga diperhatikan. Sudah dibangun dan diresmian untuk kegiatan publik, seperti Perpustakaan Umum Kota Depok yang terletak dekat dengan Kantor Pemerintah Kota Depok, beberapa jembatan layang diadakan dibeberapa titik jalan raya utama salah satunya di Jalan Raya Margonda unruk mempermudah para pejalan kaki, dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Lembah Gurame, taman yang tidak hanya berisikan pepohonan dan tanaman indah saja tetapi juga terdapat sarana olahraga dan edukasinya, taman ini terletak di Jalan Bungur Raya, Nusantara.

Depok diusia yang belia nan meriah!

Menjelang HUT Kota Depok yang ke-16 pada tanggal 27 April 2015 mendatang, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il meminta kepada PNS Kota Depok untuk mengenakan pin HUT Kota Depok ke-16 dengan tagline “Bridging Your Future”.

“Pin ini untuk mengingatkan aparatur Pemerintah Kota Depok dalam melayani masyarakat. Spirit dari pin itu diharapkan membuat PNS ikhlas melayani warga,” katanya di Balaikota Depok (depoknews.com). Menurut Nur Mahmudi, Bridging Your Future yang artinya Jembatan Masa Depan merupakan branding Kota Depok. Branding itu merupakan amanah berdirinya Kota Depok berbasis pendidikan, konservasi dan wisata yang harus dikembangkan. Dengan branding itu akan melahirkan Sumber Daya Manusia Depok yang unggul dan dapat membangun Indonesia lebih baik.

untuk memperingati HUT Kota Depok dirayakan beragam di berbagai daerah dan kalangan masyarakat Kota Depok. Seperti di Karang Taruna Mandiri 06 Tapos tidak mau ketinggalan memeriahkannya dengan mengadakan festival musik, pembagian bibit tanaman, dan pengobatan gratis dengan tema yang diusung “Let’s Kota Depok; menjadikan Kota Depok bersih, unggul, religius, tertib, hijau, dan berbudaya.” (depoknews.com).

Tidak hanya itu, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Depok. Apkomindo DPC Kota Depok akan menggelar Depok IT Expo di Depok Town Square (Detos) pada 28 Mei sampai 7 Juni 2015. Ketua Apkomindo DPC Kota Depok, I Made Robet Arsana mengatakan bahwa pameran komputer tersebut nantinya akan dirangkai dengan berbagai lomba yang melibatkan para pelajar dan masyarakat umum. Lomba yang digelar di antaranya debat IT, presentasi dengan multimedia, serta foto berbasis Android. Lomba nantinya khusus diikuti oleh pelajar tingkat SMA, SMK/sederajat. Pada waktu dan tempat yang sama, Apkomindo turut mengadakan Gelar Bakat se-Kota Depok yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat dari anak-anak hingga orangtua (depoknews.com).

Kelurahan dan Karang Taruna Cipayung Jaya juga tidak mau kalah untuk memeriahkan HUT Kota Depok. Kelurahan Cipayung Jaya akan mengadakan turnamen tenis meja dan catur tingkat kelurahan. Turnamen akan memperebutkan Piala Lurah Cipayung Jaya. Turnamen tenis meja dan catur merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu membutuhkan konsentrasi tinggi untuk dimainkan. Lurah Cipayung Jaya, Sugiato mengatakan bahwa turnamen merupakan bentukaparatur dan karang taruna di kelurahan ini untuk menyambut ulang tahun Kota Depok dan juga untuk meningkatkan sportivitas dan bisa mempererat tali silaturahmi.

Dari informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, jelas bahwa Kota Depok menjadi Kota yang sangat dihargai oleh masyarakatnya. Dengan diadakannya berbagai kegiatan untuk menyambut HUT Kota Depok dari berbagai kalangan menjadi bukti kalau masyarakat bersedia untuk berkontribusi dan mendedikasikan demi menyambut HUT Kota Depok yang ke-16. Harapannya semangat mengadakan kegiatan kreatif seperti itu tetap harus dijaga tidak hanya pada saat momentum besar tertentu saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan apa yang sudah disediakan Kota Depok seperti fasilitas yang lengkap dan memadai semakin meningkatkan kesadaran serta tanggungjawab warganya untuk menjaga dan merawatnya. Pemerintah Kota Depok juga tetap bekerja dengan sebagaimana mestinya sebagai pengemban amanah masyarakat. Selamat Hari Jadi Kota Depok yang ke-16. Sesuai dengan visi dan misi, Jadilah Kota yang Maju dan Sejahtera!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline