"Setiap orang memiliki working style yang berbeda. Jangan sampai kamu salah memilih pekerjaan. Yuk, memilih dengan cerdas."
Kamu pasti pernah bertanya-tanya, "sebenarnya pekerjaan yang cocok buatku nanti apa ya?" Atau pertanyaan-pertanyaan lain seperti, "aku kok merasa tidak nyaman dengan pekerjaan ini." "Ah, pekerjaan ini membosankan." Nah, pertanyaan-pertanyaan ini hampir selalu muncul dalam pemikiran orang-orang yang sudah bekerja. Banyak dari mereka merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni. Bahkan, tidak jarang mereka merasa bahwa mereka tidak kompeten. Cara berpikir seperti inilah yang SALAH BESAR! Setiap orang mempunyai kompetensi masing-masing di bidangnya. Hanya saja banyak orang-orang yang tidak mengenali diri sendiri. Mereka tidak paham pekerjaan apa yang sebenarnya mereka inginkan dan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Working Style akan membantu kamu dalam menentukan pilihan pekerjaanmu
1. Sekretaris atau Manajer
Pernah liat ga orang yang susunan kamarnya rapi banget? Letak meja belajar, rak buku, dan lain sebagainya tertata rapi dan apik. Barang-barang di kamarnya selalu tertata dengan baik. Ia tidak pernah mau membiarkan lembar-lembar kertas sisa tugas kuliah berserakan. Nah, orang seperti ini memiliki kemampuan manajerial yang baik. Biasanya mereka mampu membuat plan kegiatan mereka setiap harinya mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai tidur lagi di malam hari.
Atau ketika mereka akan pergi mengunjungi suatu tempat, biasanya mereka sudah menyiapkan planning jauh-jauh hari sebelumnya. Orang dengan kemampuan manajerial yang baik biasanya juga multitasking. Coba perhatikan di sekelilingmu. Mungkin kamu akan menemukan orang yang menelpon sambil mencatat sesuatu dan sesekali mengecek file di komputer. Atau manajer artis yang mampu menyusun jadwal artis yang padat tanpa ada yang tabrakan sama sekali. Yah, orang seperti ini sangat cocok di bidang pekerjaan yang menuntut kemampuan manajerial yang baik seperti Sekretaris dan Manajer. Bisa dibayangkan bagaimana orang yang sembrono dan berantakan menjadi Sekretraris. Sudah pasti jadwal atasannya akan kacau dan semua berkas-berkas penting pun tercecer. So, buat kamu yang merasa memiliki kemampuan manajerial yang baik, jangan ragu untuk mencoba melamar pekerjaan sebagai Sekretaris.
2. Leader atau Pemimpin
Kamu orang yang sembrono namun berani ambil resiko dengan alasan yang logis? Kamu sangat cocok menjadi seorang leader. Leader adalah orang yang dapat diandalkan dalam keadaan kritis untuk mengambil keputusan strategis. Memang kebanyakan leader bukanlah orang yang memiliki kemampuan manajerial yang baik, oleh karena itu ia membutuhkan Sekretaris andal untuk mengatur hal-hal yang bersifat prosedural.
3. Teknisi Operasional
Pernah ga sih di kelas kamu merasa bosan mendengarkan materi dari dosen? Atau kamu paling malas kalau diajakin rapat? Tapi kamu bakal bergairah jika bekerja langsung praktek. Nah, khusus buat kamu dengan working style ini, cocoknya memilih pekerjaan di bidang Teknisi Operasipnal. Karena pekerjaan sebagai teknisi menuntut kemampuan praktis dari pekerjanya. Kamu tidak harus merumuskan ide-ide, rapat, meeting, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menjalankan apa yang sudah ada. Biasanya working style seperti ini dimiliki oleh mahasiswa teknik. Maka jangan heran, kalau mereka sering mengantuk di kelas saat dosen menyampaikan materi.
4. Humas, Mediator, Public Relation, dan Sales Promotion
Dalam kegiatan sehari-hari, banyak kita temui orang yang sifatnya ramah, hangat, dan friendly. Orang ini selalu bisa mencairkan suasana yang tegang. Kehadirannya dinanti-nanti dan ketidakhadirannya dipertanyakan. Ada orang yang supel, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta mampu merespons lawan bicaranya dengan baik.