Lihat ke Halaman Asli

JERNIH JELITA PANDIANGAN

Universitas Hkbp Nommensen Medan

Pengaruh Covid-19 pada Pembelajaran Daring

Diperbarui: 29 Juni 2021   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengaruh covid-19 pada pembelajaran daring

Penulis:Jernih jelita Pandiangan

Npm:20110008

Prodi: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Universitas Hkbp Nommensen Medan

Pandemi covid-19 sangat berdampak pada sistem pendidikan di dunia maupun Indonesia.Pandemi covid-19 telah mengubah sistem pendidikan yang di mana proses pembelajaran biasanya di lakukan di dalam kelas dengan tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh.pembelajaran jarak jauh memang pilihan yang tepat pada masa pandemi untuk memutus rantai penyebaran covid-19.Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan sekolah masing-masing.

Pembelajaran jarak jauh dapat menggunakan teknologi di gital seperti google classroom,zoom,video conference,telepon dan lainnya.Selain itu juga harus dilakukan pemantauan oleh guru pada sa'at pemberian tugas melalui grup WhatsApp sehingga siswa benar-benar mengerjakan.Akan tetapi, dengan adanya kebijakan ini banyak pihak yang belum siap dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.Pada pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar banyak siswa yang masih bergantung terhadap orang tua dan tugas yang di berikan masih di kerjakan oleh orang tua.Akan tetapi,tidak semua orang tua dapat membantu sepenuhnya dalam proses belajar karena terkendala dalam pengetahuan,waktu dan keahlian dalam menggunakan teknologi.

Dalam sistem pembelajaran daring peran orang tua sangat penting dalam mengontrol proses pembelajaran karena dalam pembelajaran sistem daring waktu yang paling banyak adalah orang tua di rumah dalam mengontrol dan sekaligus harus membimbing dalam proses pembelajaran terutama pada peserta didik yang masih sekolah dasar orang tua yang paling dekat dengan peserta didik mau tidak mau harus menjalani hal tersebut.

Selain itu juga ada dampak yang lainnya juga dalam proses pembelajaran dalam sistem pembelajaran daring tersebut yang di rasakan peserta didik tersebut beban dalam tugas pembelajaran pasti ada pada saat tersebut peserta didik di tuntut untuk dapat mencermati materi dalam mempelajari pembelajaran tersebut dengan cepat walaupun di berikan ruang bertanya oleh guru dalam proses pembelajaran daring tersebut dalam proses tersebut tidak cukup maupun tidak banyak waktu dalam proses pembelajarannya dan dalam belajarnya orang tua lah yang paling dekat dan mudah diamati dalam belajarnya oleh orang tua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline