Lihat ke Halaman Asli

JepretPotret

........ ........

Menggelorakan Semangat Keastraan

Diperbarui: 1 Januari 2018   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kristanto Parmanto [Foto: JepretPotret]

Dalam Perayaan HUT Ke 37 Tahun Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), berkumandanglah "Mars Astra International" sebagai pembukaan acara. Inilah pertama kalinya mengumandangkannya secara langsung bersama segenap Insan Astra YDBA dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra YDBA.

"Mars Astra International"

Astra laksanakan tugas suci mengabdi Nusa bangsa
Membangun dengan usaha bermanfaat untuk Nusa!

Mulia pelayananmu bagi rakyat semua
Menghargai pada sesama dan membina kerjasama!

Maju, maju, terus maju!
Mengembangkan usahamu!
Dan berlindung serta bernaung pada yang Mahakuasa!

Tugas rela bakti kita untuk mencapai cita!
Sejahtera bersama bangsa, adil makmur dan sentosa,
Tegakkanlah semangat kita, teguh berlapis baja!
Persatukan karsa cipta, cita-cita berkarya,
Ciptakan kesuksesan!
Astra tetap Jaya!

Namun seiring waktu memunculkan rasa penasaran, siapakah gerangan yang telah menciptakan mars tersebut?  Setelah melakukan penelusuran (googling) dengan bantuan Paman Google, akhirnya menemukan sebuah nama yaitu Kristanto. Posisi jabatan saat itu sebelum pensiun dari Astra adalah sebagai Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM).

Seusai berkarya selama 30 tahun di Astra, Kristanto memasuki purnabhakti namun tetap berkomitmen untuk terus berkarya sebagai Insan Astra. Amanah sebagai Sekretaris Yayasan Pendidikan Astra - Michael Dharmawan Ruslim (YPA-MDR), mulai diemban selepas pensiun dari AHM. YPA-MDR merupakan salah satu yayasan naungan Astra yang dimandatkan untuk menjalankan fungsi CSR Astra dalam bidang pendidikan di daerah prasejahtera. Hingga suatu waktu...

PT Astra International Tbk melaksanakan Kickoff Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2017 di Putri Duyung Cottage pada 23 Agustus 2017 lalu. Salah satu narasumber yang hadir ketika itu adalah Arietta Adrianti (Ketua Pengurus YPA-MDR). Akhirnya mendapatkan nomor kontak seluler Kristanto, namun baru dapat melakukan kopi darat pada 29 September 2017 di kantor YPA-MDR Gedung Kantor Pusat Astra International Sunter Jakarta Utara. Keakraban seperti sahabat yang telah lama tak berjumpa, padahal baru pertama kali bersua.

Foto:JepretPotret

Kristanto Parmanto, nama lengkapnya, akhirnya diterima bekerja di PT. Astra International Incorporated selepas menyelesaikan pendidikan Fakultas Teknik & Manajemen Perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1982. 

"Waktu itu tahun 1983 baru tiga bulan mengikuti kegiatan management trainee (1 tahun) sebagai karyawan baru di lingkungan PT Astra International Incorporated. Namun tertimpa musibah kecelakaan yang mengakibatkan harus rawat inap di rumah sakit. Apa yang bisa kupersembahkan bagi Astra?," ungkap Kristanto, membuka kisah awal mula menjadi bagian insan Astra.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline