Lihat ke Halaman Asli

Jennifer

FISIP 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Yonhap News Agency: K-Pop dan Covid-19, Apa Kaitannya?

Diperbarui: 24 September 2020   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

YNA article: BTS virtual message 

Keadaan pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa sektor kegiatan tidak bisa berlangsung seperti biasanya, termasuk industri hiburan musik Korea Selatan. Penasaran bagaimana langkah yang diambil agensi idola K-pop favorit kamu dalam menangani permasalahan tersebut?

Beruntungnya, Yonhap News Agency (YNA) hadir untuk memenuhi rasa penasaran para penggemar terkait pendapat dan langkah yang diambil dalam rangka penanganan pandemi ini.

YNA merupakan Kantor Berita Internasional yang berbasis di Seoul, Korea Selatan dan berdiri sejak 19 Desember 1980. Agensi berita ini menyajikan berbagai artikel berita, foto, dan informasi dalam bentuk tulisan koran, siaran televisi, hingga media lainnya (Asia Net, 2020).

Artikel berita yang dimuat akhir-akhir ini tidak lepas dari permasalahan pandemi COVID-19 yang berdampak secara global. Korea Selatan dalam hal ini termasuk salah satu di antara sekian banyak negara yang terkena dampak pandemi.

Ketika berbicara mengenai industri musik Korea Selatan, tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana langkah yang diambil agensi K-pop untuk tetap berkreasi.

YNA news article: Virtual concert

Odissy (2020) menuliskan dalam artikel YNA, bahwa bintang K-pop seperti SuperM, BTS, MonstaX, dan idola lainnya menggunakan kesempatan dalam keadaan pandemi untuk mengadakan konser virtual. Mulai dari penjualan tiket hingga saat tampil pun dilakukan secara online. Pemerintah juga mendukung adanya produksi konten visual pada berbagai platform yang dibuktikan dengan dukungan dana sebesar 46 miliar won (US$39.3 million).

Jason-Ma, pemilik platform video Triller membagikan pemikirannya bahwa industri musik Korea Selatan harus mampu berpikir kreatif, terutama dalam masa pandemi ini (Dong-woo, 2020). Justru pandemi COVID-19 memaksa pelaku industri musik untuk “keluar dari yang lama dan bergegas menuju yang baru”. Konsep dari siaran langsung, harus bisa diubah menjadi siaran virtual.

YNA news article: Music industry must think in dual way

Seperti halnya yang dilakukan BTS dalam menyampaikan pesan virtual kepada kaum muda untuk tetap berkarya dalam masa pandemi ini (Dong-woo, 2020). Tentu saja hal ini menyentuh hati para penggemar, Army dan menyatakan rasa bangga terhadap idola mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline