Lihat ke Halaman Asli

Jennifer Liem

mahasiswi

Putih yang Membersihkan

Diperbarui: 3 Maret 2018   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bibitbunga.com

Warna putih identik dengan kesucian, kebersihan, dan kedamaian. Itulah kata-kata yang dapat menggambarkan bunga melati air. Bunga melati air identik dengan daunnya yang lebar, bunganya yang kecil namun indah dan biasanya hidup di habitat yang airnya tergenang. Selain dijadikan sebagai hiasan untuk taman rumah, bunga ini bermanfaat untuk mengurangi pencemaran air.

Banyak faktor yang menyebabkan pencemaran air meningkat dari tahun ke tahun, salah satu pencemaran air yang berdampak pada kerusakan tanah dan ekosistem air adalah limbah laundry. Peluang usaha bisnis laundry kian hari makin menjanjikan dan dapat meningkat dalam perekonomian kita. Namun taukah anda limbah laundry sangat berbahaya bagi air? dan berdampak besar bagi kesehatan tanah? Penyumbang pertama limbah laundry yaitu detergen. Beberapa senyawa kimia dalam deterjen dapat berdampak eutrofikasi. Eutrofikasi sendiri merupakan salah satu dampak dari limbah fosfat.

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi eutrofikasi yaitu dengan penanaman bunga melati air di sekitar tempat pembuangan limbah laundry tersebut. Memang tidak hanya dengan penanaman bunga melati air dapat berdampak besar bagi pencemaran air dalam kapasitas besar, namun dengan tanaman air ini dapat membantu mengurangi dampak pencemaran air dalam skala yang kecil. Selain dengan penanaman tanaman melati air, hal yang dapat mengurangi pencemaran air yaitu dengan penggunaan filter yang dapat mengendapkan beberapa bahan aktif di dalam detergen sebelum dibuang ke sungai.

Dampak terbesar dari limbah laundry ini adalah air, air merupakan salah satu komponen penting dalam siklus kehidupan. Namun jika hal ini tidak ditanggulangi dengan cepat dampak merusak kesehatan tanah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena air berperan sebagai pembantu dalam pembentukan horison-horison tanah. Selain itu tanah bersifat terbuka dimana kadang-kadang tanah dapat menerima semua bahan yang dari luar lalu masuk kedalam dan sebaliknya. Jika tanah telah tercemar maka akan berdampak besar bagi sektor pertanian. Tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Cintai Lingkunganmu Dengan Hal-Hal yang Sederhana!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline