Lihat ke Halaman Asli

Ahmat Satiri

Penulis Lepas

Jenis Tanaman Hias yang Ternyata Beracun

Diperbarui: 18 Agustus 2020   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

anthurium/gardeningknowhow.com

Saat semakin banyak orang yang menanam tanaman hias di sekitar rumahnya, apalagi semenjak adanya pandemi covid-19 yang membuat orang menjadi lebih banyak berada di rumah. Untuk mengisi waktu luangnya, banyak masyarakat Indonesia yang menanam dan merawat tanaman hias. Tetapi tahukah anda bahwa dari beberapa jenis tanaman hias yang memiiki nama besar ternyata merupakan tanaman beracun yang dapat membahayakan manusia dan hewan peliharaan.

Jenis Tanaman Hias Beracun

Beberapa jenis tanaman hias yang beracun ini diantaranya adalah Caladium, Dieffenbachia, Zamiaculas dan Anthurium, di tubuh keempat tanaman ini ditemukan zat beracun yang dapat membahayakan manusia. Menurut Ahli biologi Indonesia, Mohammad Adli Salihin, keempat tanaman tersebut zat racunnya berada di bagian getahnya. 

Di dalam getah ini terkandung beberapa senyawa manusia yang dapat berbahaya jika termakan. Getah ini biasanya banyak terdapat di dalam daunnya, sehingga jika ada anak kecil atau hewan peliharaan yang ada di rumah anda memakan keempat jenis tanaman tersebutakan mengakibatkan keracunan.

Sebenarnya anda tidak perlu terlalu panik mengenai tanaman beracun ini, karena sebenarnya hampir di setiap tanaman ada zat kimia yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Tanaman ini juga secara tidak langsung akan menyegarkan udara di sekitarnya karena secara alami akan menghasilkan oksigen yang akan kita gunakan bernafas. Selain itu, tanaman juga akan menyerap karbon dioksida karena akan digunakannya sebagai bahan fotosintesis, sehingga udara di sekitar tanaman akan terasa lebih sejuk.

Apalagi berbagai jenis Anthurium yang secara penelitian telah terbukti dapat menyerap partikel-partikel berbahaya sehinga membuat udara di sekitarnya menjadi jauh lebih baik. Keempat jenis tanaman hias beracun tadi sangat cocok digunakan sebagai penghias di dalam ruangan karena memiliki bentuk dan warna yang berkarakter sehingga dapat memberikan nuansa berbeda bagi rumah anda.

Efek Samping Tanaman Hias Beracun

Hanya saja jika dirumah anda terdapat anak kecil atau hewan peliharaan seperti kucing, tidak saya sarankan untuk memeliharanya. Contohnya saja jika anak kecil di rumah kita tidak sengaja menggigit Caladium, Differenbachia atau Anthurium maka bibirnya akan membengkak. Apalagi jika sampai termakan, biasanya sekujur kulitnya akan gatal dan badannya terasa seperti terbakar.

Untuk tanaman hias Zamiaculcas efek sampingnya berbeda, jika tidak sengaja menyentuh mata maka akan menyebabkan mata menjadi perih dan merah. Sedangkan bila tergigit atau sampai termakan maka perut akan terasa sakit dan kemudian akan muntah-muntah. Bahkan, pernah ada kejadian saat anak kecil memakan tanaman hias beracun ini sampai meninggal karena keracunan.

Cara Merawat Tanaman Hias Beracun

Saya tidak akan menyangkal bahwa semua tanaman tersebut memiliki tampilan yang menarik dan dapat memberikan suasana segar di dalam ruangan yang ditempatinya. Apalagi jenis tanaman Anthurium yang dapat menyerap karbondioksida dan bahan pencemar udara lainnya sehingga sangat bagus bagi kesehatan orang yang menempati rumah anda. Hanya saja, masalah perawatan menjadi hal yang perlu anda perhatikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline