Lihat ke Halaman Asli

Jenismartha Shelinda

Pelajar/Mahasiswa

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pertumbuhan Masyarakat

Diperbarui: 12 Januari 2023   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada 2 Maret 2020 lalu, terdeteksi kasus Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia. Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi masyarakat terutama terhadap perekonomian masyarakat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat lemah akibat adanya pandemi Covid-19.

Peningkatan kasus  positif yang terjadi dari hari ke hari menyebabkan banyak kerugian terhadap berbagai sektor di Indonesia, salah satunya sektor perekonomian Indonesia. Pemberlakuan  pembatasan kegiatan masyarakat menjadi salah satu pemicu melemahnya perekonomian masyarakat, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan mereka akibat pandemi Covid-19 ini.

Pandemi virus Covid-19 ini juga sangat berdampak besar bagi para pedagang kecil, sebagai contoh pedagang-pedagang kecil yang ada di kantin sekolah, saat terjadi adanya pandemi Covid-19, sejumlah sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan  di rumah masing-masing, hal ini yang menyebabkan sejumlah pedagang di kantin kehilangan sumber ekonomi mereka dan mengalami kerugian akibat diberlakukannya pembelajaran secara daring.

Tidak hanya pedagang kantin sekolah yang kehilangan sumber ekonomi akibat virus ini, tetapi para pedagang kecil lainnya juga mengalami dampak yang serupa.

Sebagai contoh lain adalah para pedagang yang ada di pesarehan Gunung Kawi, Jawa Timur. Sebelum adanya pandemi Covid-19 tempat tersebut sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah ke salah satu makam tokoh penting  yang ada di desa tersebut. Banyak pedagang yang berjualan di sepanjang jalan menuju pesarehan, salah satunya adalah pedagang bunga. Tapi setelah adanya pandemi Covid-19 dan pemerintah melakukan kebijakan pemberlakuan lockdown, tempat tersebut mulai sepi bahkan nyaris tidak ada wisatawan yang datang ke tempat tersebut, hal ini membuat para pedagang yang yang biasa berjualan di tempat tersebut kehilangan sumber pemasukan akibat sepi nya pengunjung yang datang ke tempat tersebut.

Tetapi selama pandemi Covid-19  dan selama masa lockdown berlangsung, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT)  yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi dan masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19.

Intinya pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar bagi para pedagang kecil maupun bagi para pelaku ekonomi. Hingga saat ini pemerintah masih terus melakukan berbagai upaya untuk memperkecil penyebaran virus Covid-19 agar perekonian masyarakat kembali normal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline