Lihat ke Halaman Asli

Jenia Zelviona

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fashion ala Korea sebagai Bentuk Budaya Populer

Diperbarui: 6 Januari 2023   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Berbicara tentang fashion tentu tidak ada habisnya. Fashion selalu memiliki ciri khas atau model tersendiri dari waktu ke waktu. Bahkan setiap negara memiliki ciri khas fashion yang berbeda antara negara satu dengan negara lain. Salah satu negara yang gaya berpakaiannya banyak disorot dan diikuti oleh dunia adalah negara Korea Selatan.

Fashion ala Korea termasuk salah satu budaya populer yang banyak diminati oleh masyarakat pada saat ini. Dapat kita lihat di dunia nyata atau pun di sosial media pada saat ini banyak masyarakat terutama anak muda yang memiliki gaya berpakaian ala Korea baik perempuan maupun laki-laki. 

Selain itu, bisa kita lihat juga di dunia nyata maupun di sosial media banyak orang yang menjual pakaian-pakaian yang bergaya Korea. Tak jarang pula terdapat akun-akun di sosial media yang membuat konten tentang rekomendasi atau cara memadupadankan pakaian ala Korea ini.

Korea Selatan memiliki ciri khas fashion yang dapat dikatakan semi-casual dan semi-formal. Fashion ala Korea ini juga memiliki ciri khas yang feminim dan lucu untuk pakaian perempuan. Biasanya fashion ala Korea memiliki warna pastel dengan motif lucu ataupun polos namun tetap menarik. Fashion ala Korea ini sangan mudah dipadupadankan dan membuat penampilan terlihat menarik.

Populernya fashion ala Korea ini termasuk salah satu fenomena 'Korean Wave'. Korean Wave atau gelombang Korea adalah sebuah istilah yang merujuk pada tersebarnya budaya Pop Korea secara global di berbagai negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penyebaran budaya pop dari Korea dimulai sejak tahun 2002 setelah Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang (Putri, Liany & nuraeni, 2019). Setelah penanyangan Piala Dunia tersebut yang ditayangkan di stasiun televisi Indonesia, selanjutnya hal ini digunakan untuk memperkenalkan drama Korea atau biasa disebut dengan K-Drama.

Adanya kepopuleran fashion ala Korea ini juga tidak lepas dari kemajuan teknologi. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat hingga melahirkan sosial media. Sosial media sangat membantu  memudahkan masyarakat untuk berinteraksi atau mengetahui suatu informasi satu sama lain dalam sekejap. Melalui sosial media, masyarakat bisa mengetahui apa yang sedang tren pada saat ini seperti dalam hal gaya hidup maupun gaya berpakaian. Sosial media juga bisa membantu masyarakat untuk mencari referensi dalam hal apapun seperti referensi bacaan, masakan, hingga fashion.

Melalui kemajuan teknologi atau karena adanya sosial media membuat masyarakat mengetahui apa itu K-Pop ataupun K-Drama. Melalui dua hal tersebut masyarakat akhirnya tertarik pada fashion ala Korea atau biasa disebut K-Fashion. Melihat para idola atau selebriti yang mengenakan pakaian-pakaian ala Korea yang enak dilihat membuat penggemar juga tertarik untuk mencoba hingga menjadi tren seperti pada saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline