Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Guru

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Jam 3-4 aku mengajar di kelas 9 B. PBM 9 B hari ini Melaporkan Berbagai Peristiwa. Aspek berbicara. Sebelumnya siswa telah dikelompokkan dengan anggota kelompok kecerdasan tinggi, menengah dan bawah . Siswa mendiskusikan topik atau peristiwa yang akan dilaporkan, topik / objek laporan diamati. Mereka melakukan pengamatan, mencatat hal-hal penting yang diamati, dan kembali di kelas untuk menyusun laporan berdasarkan hasil catatan pengamatan. Mereka memilih topik perpustakaan, lingkungan sekolah , laboratorium IPA, ruang komputer, gudang dan koperasi.

Setelah kemarin sampai menyusun laporan, tadi siswa kembali berkelompok untuk membahas penampilan mereka saat melaporkan berbagai peristiwa secara lisan di depan kelas. Lima belas menit kemudian kelompok Indri siap untuk maju. Mereka maju bergantian melaporkan tentang perpustakaan dan lancar. Kelompok selanjutnya Maharani dkk, mereka tampil dengan lancar mempresentasikan laboratorium IPA.

Demikianlah kelompok demi kelompok tampil di depan kelas. Untuk siswa yang telah tampil kutanyai tentang  isi laporan temannya untuk menguji apakah dia menyimak dengan baik. ternyata Mono bisa menceritakan kembali secara singkat isi laporan kelompokIndri. Demikian pula Riki bisa menyampaikan pokok-pokok laporan kelompok Maharani.

Sampai pelajaran hampir usai, kututup pelajaran dengan menyampaikan sedikit tentang pendidikan karakter. Karakter atau watak terbentuk dari kebiasaan, kebiasaan yang baik akan menjadi karakter yang baik misal: bangun pagi, membunag sampah di tempat sampah, beribadah. Mereka tampak memahami apa yang kusampaikan.

Pekerjaan rumah untuk hari itu siswa kutugasi meminjam buku kumpulan cerpen di perpustakaan untuk menceritakan kembali isi cerpen yang dibaca. Kusampaikan pula rencana pembelajaran selanjutnya yaitu membaca memindai, khususnya membaca indeks buku.

Sebelum salam kuingatkan siswa supaya belajar dan jam belajarnya dicatat di buku besok akan kucek. Refleksi dengan menanyakan " Hari ini kalian senang belajar Bahasa Indonesia?" . Mereka menjawab serentak " Senang Bu...!".

Inilah jurnal guru yang kutulis hari ini saat mengajar di kelas 9 B di SMP. Ilmu atau pengetahuan tentnag jurnal guru kudapat saat pelatihan Guru Pemandu Program Bermutu di hotel Lor In Solo 17 sampai 25 Juli 2010 yang lalu. Widya Iswara yang menyampaikan Bapak Slamet Tri Mulyantoro. Selain jurnal guru ada jurnal siswa yang ditulis siswa.

Pagentan, Banjarnegara   5 Agustus 2010

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline