Lihat ke Halaman Asli

Jejen Jaenudin

penulis pemula

Perawatan Lovebird Betina Pasca Bertelur

Diperbarui: 22 April 2021   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perawatan lovebird betina pasca bertelur. | pexels

1. Lovebird pasca bertelur

Biasanya akan mengalami 2 hal, yang pertama "nyilet" dan yang kedua "ngelemak". Kita akan bahas satu persatu.

a. Lovebird nyilet

Yang harus dilakukan adalah memisahkan dari burung lovebird lainnya. Pindahkan di kandang kotak untuk melatih kembali urat-urat syaraf pasca mengerami.

Berikan pakan yang dia suka, usahakan beri EF jagung yang masih segar, jangan beri kangkung. Jangan jemur terlebih dahulu tetap asing kan ditempat yang sejuk.

Lalu bervitamin tambahan untuk menunjang fisik dan kesehatannya agar cepat pulih. Sedikit demi sedikit lb akan kembali pada durasi awal atau malah akan bertambah durasinya.

b. Perawatan lovebird ngelemak

Untuk lb ngelemak hampir sama dengan lovebird nyilet untuk perawatannya, namun lovebird ngelemak harus sering dijemur. Durasi jemur harus bertahap setiap harinya, karena lovebird ini sudah lama tidak terkena matahari, hari pertama cukup 30-45 menit saja. Seterusnya tambahkan sampai lemaknya berkurang. Tempatkan di kandang kotak untuk berolahraga.

2. Durasi hilang atau berkurang

Butuh kesabaran untuk mengembalikan durasi lovebird seperti semula, mulai dari perhatikan kesehatannya, apakah lb tersebut nyliet atau ngelemak.

Asing kan terlebih dahulu dan pindahkan ke kandang umbaran/kotak, untuk mengembalikan fighter dan kondisi fisiknya. Rajin embunkan dan jemur dari jam 7-8 saja dan harus sering mandi malam. Berikan vitamin seminggu 2 kali. Durasi akan sedikit demi sedikit kembali. Harus sabar dengan prosesnya dan nikmati segalanya. Selamat mencoba




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline