Lihat ke Halaman Asli

Jejak Jelantah

Ecopreneur

Cetak Generasi Faedah Melalui Akademi Jejak Jelantah

Diperbarui: 2 Januari 2024   13:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sebanyak 40 orang peserta Akademi Jejak Jelantah Angkatan KWARCAB Cilacap melakukan foto bersama. Sumber: Jejak Jelantah

Cilacap, 2 Januari 2024 — Akademi Jejak Jelantah, sebuah program pelatihan soft skill berbasis wawasan lingkungan yang diinisiasi oleh komunitas peduli lingkungan Jejak Jelantah, mengadakan wisuda untuk 40 siswa dan siswi tingkat SMA/SMK angkatan kedua. Acara ini merupakan wujud apresiasi terhadap pencapaian peserta dalam pengetahuan, proyek sosial berbasis lingkungan, dan menjaga kelestarian lingkungan. Pelaksanaan Wisuda Angkatan KWARCAB Cilacap, bertempat di Pendopo Wijayakusuma, Kabupaten Cilacap, pada hari Minggu, 31 Desember 2023.

Acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada peserta yang telah berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pengetahuan dan proyek sosial.

Wisuda Akademi Jejak Jelantah mencakup pengumuman peringkat terbaik kelompok sekolah dan video dokumentasi proyek sosial. Peringkat pertama diraih oleh SMKN 2 Cilacap, peringkat kedua oleh SMKN 1 Cilacap, dan peringkat ketiga oleh SMK Komputama Jeruklegi. Sementara itu, video dokumentasi terbaik diraih oleh SMK N 2 Cilacap dan SMK Komputama.

Acara tersebut dihadiri oleh peserta Akademi, serta tamu undangan dari Kwarcab Cilacap dan PJ Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri. Dalam sambutannya, ia berharap jika gerakan pramuka di Cilacap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. 

PJ Ketua TP PKK, Fitri Awaluddin Muuri, mengalungkan hasduk pada Wisudawan Akademi Jejak Jelantah Angkatan KWARCAB Cilacap. Sumber: Jejak Jelantah

“Saya harap dengan adanya wisuda Akademi Jejak Jelantah ini, gerakan pramuka di Kabupaten Cilacap dapat terus maju dan berkembang, juga bisa memberikan manfaat minimal bagi anggota pramuka dan masyarakat luas”, ujar Fitri yang juga sebagai Ketua Dekranasda Kab. Cilacap.

Wisuda Akademi Jejak Jelantah didukung oleh masing-masing sekolah yang berkontribusi pada program ini dengan menyetorkan minyak jelantah kepada Komunitas Jejak Jelantah.

Disampaikan oleh Direktur Program, Moh. Nurhidayat, peserta Akademi Jejak Jelantah Angkatan KWARCAB Cilacap ini setidaknya diikuti oleh 22 sekolah tingkat SMA / SMK yang menjadi anggota pramuka dari seluruh Kabupaten Cilacap. Masing-masing mengumpulkan minyak jelantah yang dikoordinir oleh sekolah masing-masing.

“Setiap sekolah menyetorkan minyak jelantah, kali ini yang terkumpul sebanyak 5.167 Kg dari 22 sekolah tersebut”, ungkap pria yang akrab disapa Moah ini.

PJ Ketua TP PKK, Fitri Awaluddin Muuri, berfoto bersama siswa dan siswi SMK N 2 Cilacap peraih peringkat 1 Akademi Jejak Jelantah. Sumber: Jejak Jelan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline