Lihat ke Halaman Asli

aris moza

menekuni dunia pendidikan sebab aku percaya dari sanalah mulanya segala keberhasilan itu bermula

Semua Karena Kecanggihan Teknologi

Diperbarui: 14 Juli 2016   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Seiring dengan kemajuan tekonologi semua menjadi serba terbuka. Dengan kemajuan tekonolgi yang jauh menjadi dekat segala informasi terbuka untuk umum dan dapat di dapat dengan mudah. Di era serba tekonogi sekarang ini ternyata berdampak pada perkembangan pola kehidupan manusia yang awalnya konvensional atau biasa dan serba terbatas kini menjadi tidak biasa dan tidak terbatas. 

Di era ini juga pola pikir manusia berubah keterbukaan informasi membuat mereka menjadi bersikap lebih kritis dari waktu sebelum era ini. tidak ada lagi yang bisa di tutup-tutupi oleh siapapun baik itu lembaga pemerintah ataupun bukan. Kecanggihan tekonolgi telah merubah segala khasanah kehidupan manusia.

Dari kecanggihan tekonolgi dewasa ini memberi dampak di segala sektor. Tidak hanya masalah komunikasi tetapi kepada hal-hal yang dulu dianggap privasi sekarang menjadi terbuka. Keterbukaan itu memberi pengaruh pada pola pikir manusia yang semula tidak mengerti persoalan di daerah lain kini dengan kecanggihan tekonologi semua bisa diakses dengan cepat. Dari kecanggihan tekonolgi itu cukup membawa dampak positif.

Dari tekonolgi manusia jadi bersikap keritis. Mungkin 10 tahun yang lalu lembaga-lembaga pemerintah bisa berkuasa se enak sendiri terutama perangkat-perangkatnya yang jarang tersorot oleh media. Tetapi tidak dijaman kecanggihan tekonlogi, kalau dulu hanya DPR yang heboh lantaran tidur saat rapat.

Sekarang perangkat-perangkat pemerintahan dari mulai desa sampai pusat semua bisa menjadi bahan cibiran publik bila tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sebaba semakin canggihnya tekonlogi segala informasi dengan cepat tersaji ke publik.

Bukan hanya lembaga pemerintahan yang harus berhati-hati, sempat heboh rumah sakit yang menolak pasien, Mini Market yang curang, kekerasan, sampai isu selingkuh kalangan pejabat. Semua tersaji dengan cepat. 

Berkat kecanggihan tekonolgi informasi semakin mudah didapat oleh masyarakat. Dan rakyat juga menjadi lebih keritis untuk siap menjadi penyebar informasi yang dianggap perlu. Bukan hanya itu keterbukaan informasi membuat para pejabat harus lebih berhati-hati dalam memberikan setatmen karena publik akan cepat menafsirkan segala yang diterimanya.

Teknologi menciptakan peluang usaha baru. Semenjak era teknolgi terus maju dengan sekali sentuhan jari. Membuat banyak kalangan menciptakan inovasi-inovasi baru melalui tekonologi, belum lama ini muncul ojek Online, lalu diikuti taxi Online. Mungkin sebelumnya hal ini tidak akan terpikir tetapi berkat kecanggihan tekonologi kini manusia dimudahkan dengan urusan transportasi cukup menunggu dari depan rumah maka tumpangan itu akan menghampiri. Meskipun sempat menjadi polemik tetapi dengan dorongan kebutuhan masyarakat maka mau tidak mau yang harus mengalah kebijakannya sendiri.

Selain kemudahan transportasi, dulu yang disebut pasar orang harus pergi dari rumah untuk membeli pakaian atau sepatu, kini masyarakat tidak perlu repot keluar rumahpun mampu menjelajahi pasar-pasar. Dengan tekonolgi yang semakin canggih kini manusia semakin dimanjakan dengan akses mudah menuju pasar yang hanya melalui handphone dengan sekali sentuh manusia bisa langsung mendapatkan barang sesuai dengan keinginannya. Banyak lapak-lapak yang menjajakan barangnya melalui akses interntet sehingga memudahkan manusia.

Berkat kemajuan teknologi semua masyarakat bisa menjadi jurnalis. Masih berhubungan dengan sikap kritis seiring kemajuan teknologi ternyata hal itu juga membuat masyarakat umum bisa menjadi jurnalis, masyarakat bebas menshare segala informasi yang didapat untuk dikonsumsi publik lebih luas. 

Dengan kemandirian masyarakat menjadi jurnalis semua bisa memberikan informasi-informasi di sekelilingnya. Hal ini ternyata ditanggapi oleh media-media yang sebelumnya hanya mengandalkan para jurnalis mereka, terbukti sekarang hampir semua kanal media berita menyediakan ruang untuk jurnalisme warga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline